Republik Cheska Mundur dari Moto GP 2021, Peluang Emas GP Indonesia
Solopos.com|sport

Republik Cheska Mundur dari Moto GP 2021, Peluang Emas GP Indonesia

Republik Cheska memutuskan mundur dari kalender Moto GP 2021.

Solopos.com, BRNO — Republik Cheska memutuskan mundur dari kalender Moto GP 2021 lantaran kesulitan dana untuk merenovasi Sirkuit Brno. Musim lalu sirkuit legendaris itu mendapat kritik tajam karena lintasannya dinilai kurang layak.

Kondisi tersebut berpotensi menguntungkan Indonesia yang masih berstatus sebagai negara cadangan penyelenggara Moto GP 2021. Mundurnya GP Republik Cheska dari ajang balapan kuda besi disampaikan Wali Kota Brno, Marketa Vankova.

Calon PKB Berhasil Menang di 8 Daerah di Jateng, Dua di Antaranya di Posisi Cabup

Pemerintah setempat disebut keberatan dengan permintaan Dorna untuk memoles venue di Brno. Hal itu tak lepas dari biaya renovasi yang mencapai 4 juta euro atau Rp68 miliar. Krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 membuat pemerintah mengetatkan sejumlah anggaran yang bukan prioritas.

Hilangnya GP Brno bakal menjadi kehilangan besar mengingat kota itu rutin menggelar kejuaraan balap motor grand prix sejak 1987. Di sisi lain, hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi GP Indonesia yang masih berstatus cadangan di kalender Moto GP 2021.

Rampungkan Sirkuit

Indonesia berpeluang besar menggantikan Republik Cheska di Moto GP 2021 apabila proyek Sirkuit Mandalika di Lombok rampung sesuai tenggat yang ditetapkan Dorna. Beberapa waktu lalu, Dorna menyatakan Indonesia dapat masuk kalender Moto GP 2021 apabila sudah merampungkan sirkuit serta ada GP lain yang dibatalkan.

Namun demikian Indonesia masih harus bersaing dengan Rusia dan Portugal yang juga menjadi venue cadangan musim depan. Indonesia sendiri optimistis Sirkuit Mandalika bakal selesai tepat waktu. Sejumlah fasilitas penunjang sirkuit seperti perluasan terminal, pengembangan kargo dan perpanjangan runway di bandara diklaim siap beroperasi pada Juli 2021.

Menang di Pilkada Solo, Tokoh Ini Bilang Gibran Berpeluang Ramaikan Bursa Gubernur DKI Jakarta

Lebih jauh, jalan bypass dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sepanjang 17 Kilometer harus tuntas pada Agustus 2021.

Deputi I Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Febry C. Tetelepta, mengatakan ada sejumlah infrastruktur yang harus dikebut pengerjaannya. “Semuanya harus rampung, Moto GP Mandalika harus kita sukseskan bersama,” ujar Febry dilansir situs resmi KSP, Kamis.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago