SOLOPOS.COM - Ilustrasi kesehatan reproduksi wanita (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Perawatan alat reproduksi wanita sangatlah penting. Seusai hubungan suami istri bagi kaum perempuan ada baiknya memperhatikan organ kewanitaan Anda. Ketika flek atau bercak darah muncul setelah bercinta, wanita perlu waspada.

Bukan hanya flek, wanita juga dapat mengalami pendarahan usai berhubungan dengan pasangan. Saat masalah tersebut dialami, Anda pun bertanya-tanya apa penyebabnya?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Livestrong memaparkan apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan munculnya flek setelah berhubungan. Waspadai tiga hal berikut seperti dikutip Live Strong:

Infeksi Rahim
Salah satu penyebab utama pendarahan atau munculnya flek hebat setelah berhubungan suami istri adalah infeksi pada rahim. Darah tersebut berasal dari leher rahim. Sangat penting untuk Anda segera mendapatkan tindakan karena kondisi tersebut dapat mempengaruhi kesuburan.

Penyebab infeksi rahim sendiri bisa bermula dari keputihan. Keputihan yang berkepanjangan sebaiknya segera diobati jika tidak ingin berdampak buruk pada rahim.

Miss V Kering
Saat berhubungan, Miss V sebaiknya dalam kondisi basah atau cukup memiliki cairan lubrikasi. Jika kondisi Miss V tidak cukup pelumas maka bisa menimbulkan luka yang disebabkan oleh gesekan saat berhubungan.

Oleh sebab itu, lakukan penetrasi saat kondisi area genital telah basah. Anda bisa meningkatkannya dengan pelumas buatan atau lubrikan. Pelumas ini memberikan kelembaban buatan untuk vagina yang akan mengurangi gesekan yang disebabkan oleh penetrasi.

Penyakit Menular Seksual
Penyakit menular seksual seperti gonorrhea dalah penyebab umum dari pendarahan setelah berhubungan suami istri. Dibutuhkan terapi dan pengobatan untuk menyembuhkan masalah tersebut. Penyakit menular seksual dapat diobati dengan antibiotik. Perlu diperhatikan, selama masa pengobatan sebaiknya hindari hubungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya