Rentetan Penangkapan Terduga Teroris Kemarin, Densus 88 Sisir Klaten, Kudus, hingga Sleman
Solopos.com|soloraya

Rentetan Penangkapan Terduga Teroris Kemarin, Densus 88 Sisir Klaten, Kudus, hingga Sleman

Densus 88 menggeledah sejumlah tempat dan menangkap beberapa terduga teroris di DIY dan Jawa Tengah Jumat (2/4/2021) kemarin.

Solopos.com, KLATEN -- Densus 88 menggeledah sejumlah tempat dan menangkap beberapa terduga teroris di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jatemg) Jumat (2/4/2021) kemarin.

Lokasi penangkapan serta penggeledahan tersebar di sejumlah kabupaten di Jateng, yaitu Banyumas, Kudus, dan Klaten.

Sedangkan di DIY, aktivitas pemberatasan terorisme juga terjadi di Sleman dan Bantul. Beberapa lokasi yang digeledah mulai dari rumah, rumah herbal, hingga pondok pesantren (ponpes).

Baca juga: Unik! Sepasang Burung Lovebird Jadi Mahar Pernikahan

Di Banyumas, Densus 88 menggeledah sebuah rumah tempat tinggal terduga teroris di Jl. Kenanga, Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara, Jumat sore. Ketua RT 009 daerah tersebut, Harisun, mengungkap rumah itu dihuni pasangan WH dan SQ.

"Suaminya [kata istrinya] saat ngobrol dengan polisi sudah ditangkap di Yogya, jadi tadi hanya penggeledehan," kata Harisun seperti dikutip Detik.com.

Selanjutnya, penggeledahan dan penangkapan terduga teroris oleh Densus 88 di Klaten berlangsung di tiga lokasi berbeda. Ketiga terduga teroris berinisial S (51) warga Kecamatan Tulung; SH (41) warga Desa Cetan, Kecamatan Ceper dan MR (49) warga Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan.

Baca juga: Kaesang Pantau Seleksi Pemain Persis Solo Hari Terakhir, Ini Hasilnya

Amankan Buku sampai Laptop

Sejumlah barang diamankan dari lokasi penggeledahan, mulai dari buku, ponsel, uang, dan laptop. Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu membenarkan ada penangkapan. "Kita hanya membantu mengamankan TKP [penangkapan], penggeledahan sudah selesai," kata Edy.

Selanjutnya, penangkapan dan penggeledahan rumah terduga teroris oleh Densus 88 di Kudus. Seorang terduga teroris berinisial AP, 30, ditangkap di Kudus. Selain itu, Densus juga menggeledah rumah AP di Bojonegoro dan menyita sejumlah benda mulai dari buku dan kaus.

Sedangkan penggeledahan dan penangkapan terduga teroris di DIY berlangsung di dua kabupaten yakni Sleman dan Bantul. Warga berinisial WJN, 44, ditangkap Densus 88 di rumahnya Pedukuhan Widoro, Bangunharjo, Sewon, Bantul, DIY.

Baca juga: Hukum Donor Darah Saat Puasa Sesuai Ajaran Islam

Ketua RT 03 Pedukuhan Widoro, Bantul Moch Safii, mengungkap ada beberapa benda disita mulai dari panah, busur, dan buku. Sehari-hari, WJN berjualan soto.

Terakhir, rumah dan ponpes di Kabupaten Sleman juga digeledah Densus 88 kemarin terkait aktivitas terduga teroris. Di lokasi pertama, Densus menggeledah rumah yang berlokasi di Dawukan, Sendangtirto, Berbah, Sleman. Rumah yang digeledah merupakan milik pria berinisial H. "Katanya tadi [H] sudah dibawa [petugas]," kata Ketua RW 05, Kadiyono.

Sementara itu, di lokasi kedua, Densus 88 menggeledah ruangan Ponpes Ibnul Qoyyim Dusun Gandu, Sendangtirto, Berbah, Sleman. Sejumlah ruangan yang diperiksa mulai dari ruang direktur, ruang kantor, tata dan tata usaha.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago