Renovasi RTLH Oleh TNI, Warga Kampung Baru Solo Tak Tidur Dengan Ember Lagi

Danrem 074 Warastratama, Kolonel (Inf) Deddy Suryadi menyerahkan secara simbolis hasil renovasi RTLH kepada sembilan warga Solo di Aula Dharmawangsa, Makodim 0735 Solo, pada Selasa (27/7/2021) pagi.
Renovasi RTLH Oleh TNI, Warga Kampung Baru Solo Tak Tidur Dengan Ember Lagi

Solopos.com, SOLO — Danrem 074 Warastratama, Kolonel (Inf) Deddy Suryadi menyerahkan secara simbolis hasil renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada sembilan warga Solo di Aula Dharmawangsa, Makodim 0735 Solo, pada Selasa (27/7/2021) pagi.

Renovasi RTLH merupakan kerjasama antara Korem 074 Warastratama, Kodim 0735 Solo, Pemkot Solo, dan Shopee, itu membuat seorang Ita Yulianto, warga Kampung Baru, Pasar Kliwon, bisa tidur nyaman setelah bertahun-tahun tidur dengan perasaan waswas.

Baca Juga: Video 2 Anggota DPRD Solo Asyik Karaoke di Ruang Kerja Beredar Via WA

Ita Yulianto, 55, saat berbincang dengan Solopos.com, mengatakan suaminya meninggal dunia sejak 2003 lalu. Hal itu membuatnya harus membesarkan kedua anaknya seorang diri. Ia fokus pada pendidikan kedua anaknya sehingga ia mengabaikan keperluan lain.

Ia bercerita hampir belasan tahun rumahnya sangat tidak layak huni. Setiap hujan deras, ia tidak pernah bisa tidur karena khawatir suatu hal menimpanya. “Kalau hujan, saya selalu tidur dengan ember. Tidak pernah nyaman, kasur saya bungkus jas hujan,” papar dia.

Ita menyebut selama ini hanya mampu menambal setiap genting yang bocor. Ia tidak memiliki biaya renovasi rumah yang ia prioritaskan untuk pendidikan anak-anaknya.

Hal itu membuatnya berusaha mencari bantuan kepada Pemkot Solo, Anggota Dewan, hingga Babinsa Kampung Baru. Akhirnya, rumahnya masuk dalam sasaran perbaikan rumah dari Korem 074 Warastratama.

“Dulu awal Juni yang merenovasi TNI. Terima kasih Pak Danrem, terima kasih Pak Dandim. Sekarang rumah saya sudah sangat nyaman,” imbuh Ita .

Danrem 074 Warastratama didampingi Dandim 0735 Solo, Letkol (Inf) Wiyata S. Aji, mengatakan kegiatan renovasi sudah dimulai sebelum Ramadan. Saat itu ada 3 rumah yang direnovasi bekerja sama dengan Pemkot Solo dan Shoppe. Kondisi rumah para warga sangat tidak layak seperti genting bocor, tanpai lantai, dinding berupa papan dan berlubang.

Baca Juga: Wow! Bocah 13 Tahun Ini Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

“Harapanya masyarakat hidup sehat dengan rumah yang layak. Kerja semangat hidup juga semangat. Alhamdulillah ada 9 rumah di setiap kecamatan,” papar Danrem. Danrem menyebut ada 16 rumah lagi yang bakal direnovasi. Namun, proses pengerjaan mempertimbangkan kondisi pandemi saat ini.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago