SOLOPOS.COM - Perenang China, Sun Yang, saat menjuarai nomor 1500 gaya bebas pada Olimpiade 2012. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, BEIJING –Otoritas olahraga renang China memberikan larangan pada Olimpiade 2012, Sun Yang, untuk tampil dalam berbagai kejuaraan menyusul insiden yang dialaminya Minggu (3/11/2013) lalu. Perenang 21 tahun itu mengalami kecelakaan dengan bus saat mengendarai mobil tanpa memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Sun Yang, yang meraih medali emas Olimpiade London 2012 di nomor gaya bebas 400 m dan 150 m mendapat hukuman kurungan penjara selama satu pekan berikut dendanya, karena terlibat kecelakaan di sebelah timur kota Hangzhou itu. Sun Yang terlibat kecelakaan dengan mengendarai mobil Porsche Cayenne SUV, yang menurut pengakuannya merupakan pinjaman dari salah seorang kerabat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sun telah diskors dari seluruh kompetisi lokal dan luar negeri, diskors dari latihan bersama tim nasional dan diskors dari seluruh aktifitas sosial dan komersial yang melibatkan tim nasional,” tulis pernyataan Pusat Administrasi Renang China (CSAC), seperti diberitakan kantor berita China, Xinhua, dilansir Reuters, Rabu (6/11/2013).

CSAC juga mendukung penuh penahan Sun yang dilakukan oleh kepolisian Hangzhou.

Sun Yang merupakan salah satu sosok olahraga yang popular di China, karena keberhasilannya menjadi perenang Negeri Tirai Bambu pertama yang mampu meraih medali emas di Olimpiade dari gaya bebas.

Sebelumnya Sun juga sempat mengalami skor dari seluruh aktifitas komersialnya karena dianggap telah menyalahi aturan tim nasional, Februari lalu.

Dikabarkan Xinhua, Sun juga telah mengalami hubungan yang retak dengan pelatihnya, Zhu Zhigen, yang menilai Sun telah banyak melakukan kewajiban komersial.

Atas insiden kecelakaan ini, Sun telah meminta maaf. Ia juga meminta kesempatan untuk melakukan koreksi atas kesalahannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya