SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, REMBANG — Tiga kawasan dan lima bangunan kuno di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah diusulkan Pemerintah Kabupaten Rembang menjadi cagar budaya setelah sebelumnya ada lima bangunan bersejarah yang lebih dahulu ditetapkan sebagai cagar budaya.

“Beberapa kawasan dan bangunan kuno tersebut tersebar di beberapa tempat di daerah ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang Dwi Purwanto melalui Kasi Sejarah Museum dan Kepurbakalaan Retna Dyah di Rembang, Jawa Tengah, Kamis (5/9/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengungkapkan tiga kawasan yang dimaksudkan, yakni kawasan pecinan Lasem, Situs Plawangan dan Situs Perahu Kuno Punjulharjo. Sementara bangunan bersejarah yang akan diusulkan adalah cungkup Makam P. Sedo Laut, bangunan bekas Stasiun Rembang, Kantor Polsek Lasem, Gedung Dekranasda dan Kantor Pegadaian Rembang.

Untuk lima bangunan kuno yang lebih dahulu ditetapkan menjadi cagar budaya menyusul adanya Surat Keputusan Bupati Rembang, yakni bangunan induk dan pendapa museum R.A. Kartini, Ruang Mengajar R.A. Kartini, bangunan bekas Stasiun Kereta Api Lasem, Situs Terjan, serta struktur regol Museum R.A. Kartini.

Pemkab Rembang menargetkan tiga kawasan dan lima bangunan kuno tersebut bisa ditetapkan menjadi cagar budaya tahun 2019. Anggota Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Rembang Edi Winarno mendukung upaya penetapan kawasan maupun bangunan bersejarah menjadi cagar budaya.

Beberapa kawasan yang menjadi prioritas tahun ini, seperti Situs Plawangan, Pecinan dan Punjulharjo sebelumnya juga sering kali dilakukan penelitian. “Untuk pelibatan TACB, nantinya tentu akan menelaah kembali sejumlah objek-objek yang diusulkan menjadi cagar budaya, termasuk berkonsultasi ke beberapa pihak, seperti Arsip Nasional Republik Indonesia,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya