Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Relawan Jokowi Tegaskan Tak Kenal JokPro dan Tolak Wacana 3 Periode

Relawan Jokowi Tegaskan Tak Kenal JokPro dan Tolak Wacana 3 Periode
author
Newswire , 
Rohmah Ermawati Sabtu, 19 Juni 2021 - 11:31 WIB
share
SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) seusai pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). (Antara-Akbar Nugroho Gumay)

Solopos.com, JAKARTA -- Relawan Joko Widodo (Jokowi) menolak wacana tiga periode yang didorong oleh relawan Jokowi-Prabowo Subianto atau Jokpro 2024. Secara tegas, relawan Jokowi bahkan menyatakan tidak mengenal relawan Jokpro 2024.

Ketua Umum JoMan, Immanuel Ebenezer atau Noel, menyebut relawan JokPro 2024 bukan bagian dari relawan Jokowi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Enggak, pertama bukan bagian dari kita. Kedua, ini kan relawan baru yang berkaitan dengan isu 3 periode, itu pertama. Kedua, soal 3 periode, presiden menolak. Kita juga menolak, apa lagi saya yang punya latar belakang aktivis '98 menolak gagasan 3 periode," kata Noel kepada wartawan, Jumat (18/6/2021), seperti dilansir detik.com.

Baca juga: Survei LSI: Airlangga Hartarto King Maker Pilpres 2024

Noel mengungkapkan bahaya terkait wacana jabatan presiden 3 periode. Jika wacana ini diterapkan, maka kemungkinan besar akan timbul wacana masa jabatan presiden yang lebih lama lagi.

"Karena kita melihatnya wacana 3 periode ini bisa menyesatkan Jokowi itu sendiri, ditambah lagi kita melawan Orde Baru salah satunya adalah untuk membatasi kekuasaan rezim Orde Baru," jelasnya.

"Kemudian wacana ini timbul, soal 3 periode, ini bahaya. Bahayanya kenapa? Kalau orang berani 3 periode, berarti bisa 4 periode, makanya kita Jokowi Mania menolak isu 3 periode, apa lagi diimplementasikan, karena ini bahaya buat demokrasi," tambah Noel.

Baca juga:  Vonis Pinangki Dikorting 6 Tahun, MAKI Tak Tinggal Diam

Lebih lanjut, meskipun menyatakan tak kenal dengan relawan JokPro 2024 dan menolak wacana masa jabatan presiden 3 periode, Noel tetap menghormati aspirasi JokPro 2024.

"Enggak ada yang kenal, kita enggak ada satu pun yang kenal. Tapi kita kan tahu nih aktornya siapa, aktornya kan Qodari dari lembaga survei Indo Barometer atau apa. Tapi enggak apa-apa, dalam demokrasi kan dalam wacana apa pun, gagasan apa pun, enggak apa-apa, tapi gagasan ini berbahaya ketika para aktor dan pelakunya tidak tahu sejarah," beber Noel.

Teman Kuliah

Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi secara terpisah juga mengatakan relawan Jokowi tak mengenal relawan JokPro 2024. Budi mengatakan hanya mengetahui M Qodari yang kerap melontarkan wacana jabatan presiden 3 periode.

"Yang pasti saya hanya mengenal Pak Qodari saja dari Indo Barometer, karena temen kuliah saya di UI dulu. Selebihnya yang lain enggak kenal," ujarnya.

Baca juga: LSI Denny JA: Paksakan Puan Jadi Capres 2024, PDIP Bisa Kalah

Sementara itu, komunitas JokPro berencana meluncurkan sekretariat, Sabtu (19/6/2021) bertempat di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

Pembentukan sekretariat itu bisa disebut sebagai manuver kedua Jokpro. Itu setelah JokPro menyatakan dukungan untuk Jokowi melanjutkan kepemimpinannya menjadi 3 periode.

Sekjen JokPro 2024, Timothy Ivan Triyono, mengatakan akan terus berupaya mendorong majunya Jokowi dan Prabowo sebagai calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024. Timothy meyakini Jokowi-Prabowo bisa mencegah timbulnya polarisasi.

"Kami percaya bahwa pasangan Jokowi dan Prabowo di 2024 bisa mencegah timbulnya polarisasi. Kami mendukung Persatuan Indonesia sesuai dengan sila ketiga Pancasila," kata Timothy melalui keterangan tertulis, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Meski 3 Lapis, Masker Kain Tak Lagi Bisa Lindungi Pemakainya dari Corona, Kecuali...

"Organisasi ini merupakan wadah dari berbagai pihak yang menyambut ide dan gagasan yang saya lontarkan di beberapa media, pada Februari-Maret 2021," kata Qodari, kepada wartawan, Jumat (18/6/2021).

Qodari mengatakan ada beberapa relawan pendukung Jokowi terdahulu yang juga ikut bergabung dalam organisasi JokPro. Serta beberapa relawan lain yang mendukung gagasan JokPro.

"Sebetulnya organisasi ini adalah wadah bagi mereka yang merespons gagasan itu, misalnya Ketua JokPro 2024 ini Mas Baron adalah simpatisan lama Pak Jokowi, dia punya komunitas pendukung Jokowi namanya cabe rawit," sebut Qodari.

Baca juga: Jakarta Lanjutkan Uji Coba PTM saat Ledakan Covid-19

Sebagai informasi, dorongan Jokowi 3 periode terbentur Undang-Undang Dasar (UUD) dan Jokowi pun menyatakan tak berniat. Penolakan itu diutarakan jauh sebelum JokPro muncul.

Gagasan Jokowi 3 periode ini terbentur UUD. Sebagaimana diketahui, dalam Pasal 7 UUD 1945 pasca-amandemen, diatur bahwa masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia maksimal 2 periode.



"Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak ada juga berminat menjadi presiden tiga periode," kata Jokowi lewat video di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (15/3/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN