SOLOPOS.COM - Plaza Ambarrukmo mengadakan event musik Phawak yang digelar 3-14 November 2016 di Mini Hall lantai tiga.(JIBI/Harian Jogja/Ambarrukmo Plaza)

Rel Jogja-Magelang rencana akan diaktifkan kembali.

Harianjogja.com, JOGJA — Sinyal pengaktifan kembali rel kereta api jalur Jogja – Magelang kian menguat. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau keberadaan jalur rel lawas Jogja – Magelang di kawasan Jalan Tentara Pelajar, Pingit Kidul, Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis Kota Jogja, Senin (7/11/2016) sore.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi sejumlah pejabat Ditjen Perhubungan Darat serta Pejabat PT KAI Daop VI DIY tiba di kawasan rel kereta Jalan Tentara Pelajar, Pingit Kidul, sekitar pukul 15.45 WIB. Di lokasi tersebut ada rel yang masih terlihat membujur dari arah utara ke selatan meski beberapa titik sudah tertutup tanah dan trotoar. Titik rel yang ditinjau tersebut berada sekitar 100 meter sisi barat laut Stasiun Tugu Kota Jogja. Kedatangan Menteri dan rombongan dengan ekstra singkat itu tidak lebih dari lima menit, Budi sempat melihat-lihat sejumlah titik rel lawas tersebut. Setelah itu langsung menuju ke titik selanjutnya yaitu rel kereta api di kawasan Beran, Sleman.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu mengakui, kedatangan meninjau rel tersebut karena ada rencana pemerintah untuk mengaktifkan kembali jalur rel Jogja – Magelang.

“Mau re-aktivasi [rel Jogja – Magelang],” ujarnya singkat kepada wartawan, Senin (7/11/2016) sore.

Jalur kereta api Jogja – Magelang dalam sejarah menghubungkan antara Stasiun Tugu Jogja dan Stasiun Secang, Magelang. Jalur ini dibangun oleh Nederland Indiscje Spoorweg Maarscappij (NIS) mulai tahun 1898 dan selesai pada 1905. Kemudian Perusahaan Jawatan Kereta Api, sekarang PT KAI menutup jalur ini pada 1976.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya