SOLOPOS.COM - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho membuka Silaturahmi Idulfitri 1442 H keluarga besar LPPM,DIH dan Biro RPMUNS, Rabu (19/5/2021) pagi, melalui Zoom Cloud Meeting. (istimewa)

Solopos.com, SOLO-– Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho membuka Silaturahmi Idulfitri 1442 H keluarga besar Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Riset dan Inovasi (Risnov), Direktorat Inovasi Hilirisasi (DIH) dan Biro Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (RPM) UNS, Rabu (19/5/2021) pagi, melalui Zoom Cloud Meeting.

Silaturahmi Idulfitri 1442 H ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bidang Komunikasi dan Media Massa, Prof. Widodo Muktiyo, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, Ketua LPPM UNS, Prof. Okid Parama Astirin, dan Sekretaris LPPM UNS, Prof. Syamsul Hadi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam sambutannya, Rektor mengajak keluarga besar LPPM UNS, Risnov, DIH dan Biro RPM dapat membangun jalinan komunikasi yang semakin baik melalui silaturahmi.

“Suasana kebersamaan yang penuh kebahagiaan pada saat ini kita rasakan bersama untuk sementara waktu harus dijalani dalam keterbatasan,” ujar Jamal.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Teknik Sipil UNS Membahas Lokasi Ibu Kota Negara, Aman dari Gempa?

Berkomunikasi dengan Allah

Tidak lupa, ia juga mengajak agar keluarga besar LPPM UNS, Risnov, DIH dan Biro RPM dapat memaknai era kenormalan baru selama pandemi Covid-19 dengan belajar berkomunikasi dengan Allah.

“Bahwa kita semua lemah, rapuh, dan kosong tanpa terkoneksi dan terhubung dengan-Nya dimana pun kita berada. Hikmah lain yang bisa kita petik kita dapat menyinkronkan hati kepada sesama manusia, mahasiswa, teman sejawat, dan handai taulan,” sambung Jamal.

Dalam kesempatan itu, LPPM UNS, Risnov, DIH dan Biro RPM UNS secara khusus mengundang Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muayyad Windan, Sukoharjo, KH. Mohammad Dian Nafi untuk menyampaikan tausyiah.

Dian Nafi dalam tausyiahnya menekankan agar keluarga besar LPPM UNS, Risnov, DIH dan Biro RPM UNS untuk meningkatkan jalinan persahabatan dengan orang-orang beriman.

Baca Juga: Dosen Pertanian UNS Solo Bimbing Petani Wonogiri Hasilkan Mete Bibit Unggul

Mengutip pernyataan yang pernah disampaikan Widodo Muktiyo, pada kesempatan itu Dian Nafi juga mengingatkan bahwa sejatinya manusia hidup dalam komunikasi bukan komunikasi hidup dalam manusia.

“Di Al Qur’an Surah Al Hujurat:10 di situ dikatakan, ‘Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah [perbaikilah hubungan] antara kedua saudaramu itu dan takutlah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat’,” ujar Mohammad Dian Nafi.

Lebih lanjut ia menuturkan agar jalinan persahabatan dapat terus terjalin, maka sesama manusia hendaknya saling bersilaturahmi. Menurutnya, Ibn Al Atsir pernah mengatakan silaturahmi adalah menjaga kebajikan (ihsan) kepada keluarga senasab dan karib kerabat dari keluarga mertua, menjaga hubungan baik dan kasih sayang, lemah lembut, menjaga perilaku mereka, dan termasuk ketika mereka menjauh atau bertindak buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya