SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri Joko Sutopo (Solopos.com-M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI -- Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Wonogiri bertambah 95 orang pada Senin (5/1/2021). Jumlah itu menjadi penambahan kasus terbanyak dalam satu hari selama pandemi Covid-19.

Dengan adanya penambahan itu, secara kumulatif jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Wonogiri sebanyak 1.501 orang, dengan kasus aktif sebanyak 203 orang. Perinciannya, 69 orang dirawat di rumah sakit, 134 orang menjalani isolasi mandiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pedagang di Pos 4 Gunung Lawu Sakit, Puluhan Sukarelawan Turun Tangan Untuk Evakuasi

"Penambahan kali ini paling tinggi selama pandemi Covid-19. Paling tinggi dari klaster keluarga. Dari penambahan 95 kasus, 58 di antaranya merupakan klaster keluarga," kata Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, kepada wartawan Selasa (5/1/2021) sore WIB.

Menurut Jekek, sapaan akrab Joko Sutopo, klaster keluarga bermula dari perantau atau kaum boro yang pulang ke kampung halaman dan sudah terkonfirmasi positif Covid-19. "Saat pulang positif Covid-19, anggota keluarganya juga tertular. Namun kebanyakan para perantau itu orang tanpa gejala," ungkap dia.

Identitas Mayat Wanita Mengapung di Bengawan Solo Kawasan Sragen 4 Hari Lalu Masih Misterius

Jekek mengatakan, penambahan kasus pada Senin merupakan hasil tes swab yang dilakukan pada 26-29 Desember 2020. Jekek tidak berspekulasi apakah penambahan pada Senin itu merupakan efek dari libur panjang Nataru.

"Kalau untuk Nataru sudah kami antisipasi dengan menutup ruang publik. Yang harus dicermati, adanya penambahan kasus yang banyak karena adanya mobilitas warga dari kota-kota besar. Mudik bukan karena momen Nataru saja, tapi ada faktor lain," kata Jekek.

Mengerti Kebutuhan Konsumen, Inilah Kunci Sukses Epson Indonesia 20 Tahun Berkiprah di Tanah Air

Mengenang Bambang Murtiyoso, Sosok Senior Pedalangan Pemikir dan Kritis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya