Rekor! Genangan Air Rob Semarang Setinggi Leher

Ketinggian air banjir rob di Semarang pada Senin (23/5/2022) mencapai leher orang dewasa.
SHARE
Rekor! Genangan Air Rob Semarang Setinggi Leher
SOLOPOS.COM - Foto udara kondisi banjir rob yang merendam kawasan Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). (Solopos,com - Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, SEMARANG — Banjir rob melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). Bencana ini terjadi akibat naiknya permukaan air laut yang menyebabkan tanggul di sekitar kawasan itu jebol.

Terjangan air laut itu mengakibatkan kawasan pelabuhan terendam air. Bahkan, ketinggian air mencapai leher orang dewasa.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ketinggian air akibat rob di Semarang mencapai dua meter. Musibah ini pun membuat Kota Semarang masuk salah satu trending topik di Twitter Indonesia.

Pemilik akun @AdiyatJatiW mengunggah foto kondisi banjir di Semarang yang merendam sejumlah kendaraan pekerja di sekitar pelabuhan. “Kiriman kabar dari mbak yg kerja di salah satu pabrik di sana. Shift siang jam 1, jam 2 pulang krn banjir masuk sampai dalam pabrik,” tulisnya.

Ribuan pekerja pabrik yang berada di kawasan industri Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, menyelamatkan diri dari peristiwa banjir rob atau air pasang dari laut yang melimpas ke daratan.

Baca juga: Pelabuhan Semarang Dulu di Bukit Simongan, Dekat Kelenteng Sam Po Kong

Salah seorang pekerja pabrik garmen PT Korina di Semarang, Nela Aji Senin, mengaku langsung berlari menyelamatkan diri setelah mendengar suara sirine pabrik berbunyi. Ia menyebut banyak sepeda motor milik rekan-rekan kerjanya yang terpaksa ditinggalkan di areal parkir pabrik karena pemiliknya menyelamatkan diri.

“Banyak motor yang terendam karena banjir rob yang terjadinya cukup cepat, tidak mikir barang-barang sama sekali, yang penting selamat,” kata Nela Aji sebagaimana dilansir Antara.

Rekannya yang bernama Diah menambahkan, baru kali ini mengalami banjir rob setinggi dada orang dewasa. “Seumur-umur baru kali banjir sedada,” katanya.

Baca juga: Ini Daftar Wilayah yang Terdampak Banjir Rob di Semarang

Jalur Pantura Macet

Banjir rob juga mengakibatkan kepadatan arus lalu lintas dari arah Demak menuju Semarang di sepanjang Jalur Pantura Demak.

Jalur Pantura Demak, kata dia, tepatnya di Kecamatan Sayung mengalami kepadatan arus lalu lintas sehingga harus dilakukan rekayasa lalu lintas, menyusul genangan banjir rob yang cukup tinggi di wilayah Terminal Terboyo Semarang dan sejumlah wilayah pesisir Demak.

Meskipun banjir rob terjadi di Semarang serta beberapa titik di Demak, namun kepadatan arus lalu lintas terjadi mulai dari SPBU Dukun di Kecamatan Karangtengah hingga wilayah Semarang. Sejumlah kendaraan berat menumpuk di Pantura Demak.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago