SOLOPOS.COM - Ilustrasi gudeg komplit. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo, Jawa Tengah, dikenal sebagai destinasi wisata kuliner yang legendaris. Bahkan ada yang menyebut kota ini sebagai surganya kuliner enak.

Jika Anda sedang berkunjung ke Solo, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi aneka makanan enak yang tersebar di berbagai wilayah. Nah, bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu libur Lebaran 2022 di Solo, berikut rekomendasi wisata kuliner lezat di Solo:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gudeg Ceker

Warung gudeg ceker yang wajib dikunjungi adalah milik Bu Kasno di Jl Wolter Monginsidi nomor 41-43, Setabelan, Banjarsari, Solo. Warung makan ini buka mulai pukul 02.00 WIB, cocok untuk penyelamat di malam hari.

beda gudeg solo dan jogja Gudeg ceker. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
Gudeg ceker. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Bistik

Warung bistik paling terkenal di Solo adalah milik Pak Darmo yang berlokasi i Jl Honggowongso nomor 94, Laweyan Solo. Warung ini buka pukul 17.00-23.00 WIB. Siap-siap antre ya.

bistik sumber solo
Menu bistik favorit pembeli di Warung Makan Sumber Bistik Pak Darmo Jl Honggowongso Nomor 94 Solo, Rabu (30/3/2022) malam. (Solopos/Kurniawan)

Baca juga: Kuliner Nasi Gandul Pati, Rasanya Mantul

Sate Kere

Jangan lupa mencicipi sate kere yang menjadi salah satu makanan favorit Presiden Jokowi. Destinasi wisata kuliner sate kere paling legend di Solo adalah milik Yu Rebi di Jl Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Laweyan yang buka pukul 10.00-20.00 WIB.

sate kere yu rebi solo
Satai kere komplet ala Yu Rebi di Jl Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Laweyan, Solo, Selasa (29/3/2022) sore. (Solopos/Kurniawan)

Sate Kambing

Kota Solo juga terkenal sebagai surga kuliner kambing. Bukan perkara sulit mencari warung sate kambing yang enak.

Kali ini Solopos.com merekomendasikan warung Sate Kambing Bu Bejo di Jl Sungai Sebakung nomor 10, Loji Wetan, Pasar Kliwon, yang buka pukul 08.00-16.00 WIB. Kemudian Sate Kambing Mbok Galak di Jl Ki Mangun Sarkoro nomor 112, Sumber, Banjarsari, Solo. Serta Warung Sate dan Tengkleng Rica-Rica Pak Manto di Jl Honggowongso nomor 36, Sriwedari, Laweyan, Solo yang buka sejak pukul 07.30 WIB hingga 20.00 WIB.

Kedai Sate Kambing enak di solo Pak Manto di Solo. (Instagram)
Kedai Sate Kambing Pak Manto di Solo. (Instagram)

Baca juga: Kuliner Sate Laler Khas Rembang: Cilik, Unik, Menggelitik

Nasi Liwet

Karya kuliner khas Solo lainnya yang wajib dicicipi adalah nasi liwet. Ada banyak pedagang nasi liwet sebenarnya, namun yang paling terkenal adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu di Jl Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Solo. Warung ini buka mulai sore pukul 16.00 WIB hingga 01.00 WIB.

nasi liwet solo
Nasi liwet Bu Sri di pasar Gede Solo. (Solopos/Chelin Indra Sushmita)

Selat

Makanan khas Solo lainnya yang juga wajib dicicipi adalah selat. Kedai paling terkenal adalah Selat Mbak Lies di Gang II nomor 42, Kelurahan/Kecamatan Serengan, Solo. Rasa selat di sini tidak perlu diragukan lagi, sudah pasti mantap.

selat mbak lies solo
Selat lidah di Warung Selat Mbak Lies yang beralamat di Gang II Nomor 42 Kelurahan/Kecamatan Serengan, Solo, Rabu (30/3/2022) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Baca juga: Ini Kuliner Jatipuro Karanganyar yang akan Obati Kangen Pemudik

Soto

Popularitas soto khas Solo tidak perlu diragukan lagi. Ada banyak warung yang menjual soto di Solo. Akan tetapi rekomendasi Solopos.com kali ini jatuh pada warung Soto Triwindu di tepi Jl Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Solo. Warung ini buka pada pagi hingga sore hari, sehingga cocok dikunjungi saat hendan sarapan maupun makan siang.

kuliner solo
Ilustrasi soto khas Solo. (freepik)

Serabi

Oleh-oleh khas Solo yang tidak boleh dilewatkan adalah serabi. Kedai yang menjajakan serabi paling terkenal adalah Serabi Notosuman Ny Lidia di Jl Moh. Yamin nomor 28, Jayengan, Serengan, Solo. Kedai ini buka setiap hari pukul 05.00-16.00 WIB.

serabi notosuman solo, oleh oleh khas solo
Serabi Notosuman Ny Lidia yang beralamat di Jl. Moh. Yamin Nomor 28 Jayengan, Serengan, Solo, Rabu (30/3/2022) pagi. (Solopos.com/Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya