SOLOPOS.COM - Suasana Kompleks Gedoeng Djoeang ‘45, Jl. Mayor Sunaryo, Kelurahan Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (20/9/2019). (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, Solo — Kota Solo yang kini sudah berusia lebih dari 270 tahun memiliki banyak gedung-gedung kuno atau lawas yang bernilai sejarah tinggi. Sejumlah gedung lawas kini sudah direvitalisasi dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Meskipun ada juga gedung yang dibiarkan mangkrak dan tak terawat hingga menimbulkan kesan menyeramkan. Hal itu patut disayangkan karena jika direvitalisasi, gedung-gedung itu bisa menjadi cantik dan instagramable.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pengamatan Solopos.com, beberapa waktu terakhir, ada sekitar tujuh bangunan lawas di Solo dan sekitarnya yang bisa jadi pilihan bagi Anda untuk menghabiskan waktu liburan sekaligus belajar sejarah dan keindahan gedung masa lampau.

Bagi yang suka berfoto dan membaginya di media sosial, juga patut mencobanya berburu foto cantik untuk dibagikan di media sosial. Berikut gedung-gedung lawas yang kini sudah menjadi bangunan cantik bernilai sejarah:

1. Gedung Djoeang 45

Gedung Djoeang 45 merupakan kompleks bangunan era kolonial yang direnovasi menjadi karya seni dan taman. Wisata gedung lawas ini berlokasi di Jl Kapten Mulyadi No 113, Pasar Kliwon, Solo. Jam operasional mulai pukul 11.00 WIB-23.00 WIB pada hari Minggu-Jumat. Khusus Sabtu buka 24 jam.

Baca Juga: Balekambang Jadi Taman Termewah di Asia Tenggara? Gibran: Leh Uga Kak

Tempat ini cukup strategis dan mudah diakses dengan es krim gelato di area Gedung Djoeang 45. Banyak spot foto baik indoor maupun outdoor yang instagramable. Sejumlah pengunjung menuliskan pengalamannya pada ulasan di laman Google mengenai gedung lawas di Kota Solo ini.

“Bangunan lama di pusat kota Solo yang sekarang difungsikan untuk tempat wisata. Untuk masuk ke sini harus membeli gelato terlebih dahulu. Banyak spot foto di sini baik yang indoor maupun outdoor. Tidak disarankan ke sini waktu hujan karena area outdoor pasti basah semua,” tulis Rama Rendra Prayoga.

“Instragamable, lokasinya strategis, deket sama keraton, pasar klewer, PGS,” tulis Bibi Wahyu Citra. Apabila dikunjungi saat malam, tempat ini tidak kalah cantik. “Tempat yang bagus, instagramable, cukup romantis, berharap akan banyak tempat seperti ini di Solo,” komentar Qonita Naser.

2. Benteng Vastenburg

Sedikit ke utara dari Gedung Djoeang 45, ada Benteng Vastenburg. Benteng ini merupakan bangunan sejarah peninggalan masa kolonial Belanda dan merupakan objek wisata gedung lawas yang layak dikunjungi saat jalan-jalan di Solo. Jam operasional 24 jam dengan tiket masuk gratis.

RS lapangan benteng vastenburg solo anggota TNI AD positif Covid-19 wisata gedung lawas
Pintu masuk Benteng Vastenburg Solo yang akan jadi lokasi RS lapangan Korem Warastratama. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Baca Juga: Balekambang Dirombak Jadi Taman Megah, TACB Solo: Utamakan Konsep RTH!

Tempat ini cukup instagramable dan cocok untuk berfoto-foto. “Tempatnya instagramable banget, cocok untuk yang suka foto-foto,” tulis Bang Syad pada ulasan Google.

“Salah satu tempat sejarah sekaligus salah satu referensi untuk mencari foto bagi para wisatawan yang ingin jadi instagramable,” komentar Fitria Diyah Ayu Pangerti pada ulasan Google.

3. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Tempat wisata gedung lawas yang satu ini merupakan ikon Kota Solo, tonggak sejarah lahirnya Kota Solo. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat merupakan istana resmi penguasa Kerajaan Mataram yang sebelumnya berada di wilayah Kartasura.

Bangunan keraton itu dibangun pada 1740-an. Tempat ini sangat cocok wisatawan yang menyukai bangunan kuno sekaligus belajar sejarah dan nilai-nilai budaya Jawa.

Baca Juga: Menikah Bak Bangsawan Naik Kereta Kencana Keraton Solo? Ini Caranya

Bangunan bersejarah yang berlokasi di Baluwarti, Pasar Kliwon, ini buka pukul 09.00 WIB-14.00 WIB pada Sabtu-Kamis. Sedangkan Jumat tutup. Tiket masuk dibanderol dengan harga Rp15.000 per orang.

kecamatan terpadat di jateng raja keraton solo kota terkecil di indonesia keraton kasunanan surakarta ditutup kompleks solo artis konferensi pers keraton solo PB XIII putra mahkota permaisuri wisata gedung lawas solo
Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo. (Solopos/Dok)

Museum Keraton ini juga cukup lengkap ditambah arsitektur yang cantik membuat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menarik untuk dikunjungi. “Istana bersejarah di Surakarta, Jawa Tengah. Gerbang utamanya sangat unik dan view deck-nya sangat antik. Cantik,” tulis Ikhsan Arrahman pada ulasan di laman Google.

4. Ndalem Gondosuli

Para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata gedung lawas yang instagramable sekaligus edukatif di Solo dapat menjadikan Ndalem Gondosuli sebagai referensi. Museum Batik yang dapat dijadikan sebagai tempat pelatihan ini terletak di Jl Gondosuli No 125, Laweyan, Solo.

Museum yang menempati gedung berusia sekitar 100 tahun ini buka setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Di Ndalem Gondosuli, pengunjung dapat berfoto-foto karena tempatnya yang instagramable sekaligus belajar batik dan cara membatik.

Baca Juga: 6 Keistimewaan Pasar Kliwon, Kecamatan Terpadat di Solo dan Jateng

“Tempat yang bagus…. Instagrammable… Anda dapat menikmati makanan, kopi, gelato, dan selfie (!) semua dalam satu rumah tua yang indah,” tulis Suryo Prasetyo pada ulasan di laman Google.

“Interior sangat cocok untuk selfi selfi. Di sini pengunjung bisa belajar batik dengan pilihan beberapa paket,” ungkap Kasiyanta Deka di laman yang sama.

5. Pura Mangkunegaran Solo

Pura Mangkunegaran merupakan istana tempat tinggal Adipati Mangkunagoro yang dibangun pada 1757. Saat ini, Adipati Mangkunagoro yang bertakhta adalah KGPAA Mangkunagoro X.



Kompleks wisata gedung lawas peninggalan Pangeran Sambernyawa ini terletak di lahan yang luas wilayah Keprabon, Banjarsari, Solo. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan bangunan kuno tersebut namun juga berbagai atraksi seperti sekolah tari khas Mangkunegaran.

Baca Juga: Mangkunegaran Solo Mulai Roadshow ke 3 Negara, Malaysia Tujuan Pertama

Tak ketinggalan pula kuliner khas seperti apam yang bisa dinikmati pengunjung. Wisatawan bisa menikmati keindahan kompleks istana ini setiap hari pukul 08.00 WIB-15.00 WIB, kecuali hari Kamis hanya sampai pukul 14.30 WIB.

6. The Heritage Palace Solo

Tempat wisata gedung lawas ini memang tidak berada di wilayah Kota Solo. Namun, lokasinya tak terlalu jauh dan layak dikunjungi bagi Anda yang suka menjelajahi gedung-gedung lawas.

wisata kece di solo wisata dekat bandara adi soemarmo wisata sukoharjo buka gedung lawas
Pujawisata bersama Fave Hotel Solo befoto bersama di The Heritage Palace (Solopos/Nugroho Meidinata).

Lokasi wisata ini tepatnya berada di Jl Permata Raya, Dukuh Tegal Mulyo RT 002/RW 008, Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Dulunya, The Heritage Palace merupakan pabrik gula yang dibangun pada 1899.

Baca Juga: Dirombak, Balekambang Solo bakal Jadi Taman Termewah di Asia Tenggara

Gedung itu kemudian direvitalisasi dan dipercantik menjadi tempat wisata yang menarik naik indoor dan outdoor. Di The Heritage Palace Solo terdapat taman bermain, aula konvensi, dan museum seni. Tempat ini buka pukul 09.00 WIB-16.00 WIB tiap Senin-Minggu.

Pengunjung biasanya ramai pada pukul 12.00 WIB dan 13.00 WIB. Tiket masuk The Heritage Palace Solo dibanderol Rp65.000/orang.

“Tempat dengan banyak sekali spot foto Instagramable. Biaya masuk untuk menikmati semua area Rp65.000/orang. Ada spot foto 3D, mobil-mobil tua tapi masih keren, jeep merah yang bisa ditunggangi, serta bangunan tua yang epik,” tulis Andre Khrisna Adityo Priyono pada ulasan di laman Google.

7. De Tjolomadoe

Tempat wisata gedung lawas ini juga berada di luar Kota Solo, tepatnya di Jl Adi Sucipto, Paulan Wetan, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, tak terlalu jauh dari Kota Solo. De Tjolomadoe dulunya merupakan kompleks pabrik gula yang diubah menjadi objek wisata.

Di dalamnya terdapat museum, aula konser, aula serbaguna, restoran, juga toko ritel yang menjual berbagai macam kerajinan dan suvenir. Anda bisa mengunjungi objek wisata gedung lawas ini mulai pukul 10.00 WIB-17.00 WIB tiap Selasa-Minggu. Selain memiliki spot foto yang instagramable, tempat ini juga cukup kekinian meskipun bernuansa kuno.

Baca Juga: Hadiri Pawai Obor, Sandiaga Uno: APG 2022 di Solo Dongkrak Ekonomi

“Salah satu tempat bersejarah yang wajib dikunjungi. Pengetahuan baru, dapet. Foto instagramable juga oke. Tempat lama rasa kekinian. Bangunan kokoh tak lekang oleh waktu. Bersih nyaman dan sangat rapi. Ramah difabel. Mushola ada. Tempat oleh2 tersedia. Cafe juga ada tiga. Capek foto2 setelah muter bisa duduk2 sembari ngeteh ngopi. Tempat ini bisa dibilang lengkap untuk liburan keluarga. Ramah anak-anak pula. Lokasi terjangkau. Recommended,” ulas El Nurlia di laman Google.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya