SOLOPOS.COM - Kondisi bangunan utama di kompleks kantor PTPN X Klaten, Jumat (3/1/2020). (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Hotel termewah di Klaten dipastikan jadi dibangun di bekas kompleks Kantor PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X di Kelurahan Klaten, Klaten Tengah, tahun ini.

Surat rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Jateng terkait bangunan tua di kompleks perkantoran itu sudah turun, beberapa waktu lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat ini, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., selaku pihak yang akan membangun hotel tersebut tengah melengkapi berbagai perizinan di Pemkab Klaten.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Pemkab Klaten sebenarnya sudah mulai memproses kajian teknis perizinan hotel di depan rumah dinas (rumdin) Bupati Klaten tersebut sejak Oktober 2019.

Angkutan Pelajar SMPN 3 dan SMPN 18 Solo Semrawut, Ini Penjelasan Dishub

Di antara OPD terkait itu yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Klaten.

PT Wika juga sudah memasang pagar dari galvalum untuk membatasi area pembangunan hotel termewah di Klaten tersebut.

Kisah Kelam PSK: Melayani saat Mens

Pada 23 Oktober 2019, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng mengirim surat ke PTPN X terkait pembangunan hotel itu.

BPCB menilai bangunan di kantor PTPN X sudah terdaftar dalam sistem registrasi nasional cagar budaya.

Patut Dicoba! Tips Agar Tidak Mendengkur saat Tidur

Pembangunan di lahan yang diduga tergolong cagar budaya berpotensi melanggar undang-undang (UU). BPCB menyarankan TACB Jateng mengkaji bangunan di PTPN X terlebih dahulu.

Hal itu guna memastikan apakah setiap bangunan di PTPN X tergolong cagar budaya atau bukan. Bangunan PTPN X Klaten terdaftar dalam sistem registrasi nasional cagar budaya sejak 2015.

Hati-hati! Ikan Ini Suka Makan Alat Kelamin Manusia

“Rekomendasi TACB Provinsi Jateng sudah turun. Saat ini kami memasuki tahapan survei, termasuk mengukur [lahan]. Tahapan survei selesai dalam 1-2 hari ini. Selanjutnya, tunggu pimpinan kami saja,” kata salah satu pegawai PT Wika yang enggan disebutkan namanya saat ditemui wartawan di kompleks PTPN X Klaten, Jumat (3/1/2020).

Penyebab Miss V Bau & Cara Mengatasinya

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan pembangunan hotel termewah di Klaten itu merupakan usulannya ke PT Wika saat peresmian De Tjolomadoe di Karanganyar, beberapa waktu lalu.

Rubicon Rp1,9 Miliar Bupati Karanganyar Gagal Seberangi Sungai, Akhirnya Ditarik Ekskavator

Sri Mulyani berharap hotel termewah di Klaten dapat dibangun awal 2020.

“Benar, rekomendasi TACB Jateng sudah turun. Ada tiga lokasi yang tergolong cagar budaya. Masing-masing bangunan kantor, bangunan Litbang dan ruang pamer, bangunan mess 3. Ketiga bangunan itu tidak akan diubah, tapi justru akan dipercantik," katanya.

Anies Baswedan: Anak-Anak Suka Main Air di Lokasi Banjir

Mulyani menambahkan Klaten butuh hotel mewah. Selama ini Klaten tidak bisa menggelar kegiatan berskala provinsi dan nasional karena minimnya tempat penginapan yang memadai.

Ramalan Bencana 2020, Waspada Gempa 9SR!

Kepala DPMPTSP Klaten, Agus Suprapto, mengatakan hotel di kompleks PTPN Klaten memiliki 108 kamar.



Hotel itu akan dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan dilengkapi fasilitas mewah, seperti kolam renang, fasilitas olahraga/gym, tempat parkir luas, ballroom, kolam renang, dan lainnya.

Gibran Akui Didukung Jokowi di Pilkada Solo

Luas lahan kompleks PTPN X mencapai 9.145 meter persegi.

“Setelah rekomendasi TACB turun, segera dilengkapi perizinan lainnya," kata dia.

Kena Serangan Jantung, Lina Mantan Istri Sule Meninggal

Perizinan itu meliputi upaya pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UPL-UKL), analisis dampak lalu lintas (andalalin), izin mendirikan bangunan (IMB), rekomendasi dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten.

Lowongan Kerja Terbaru, Klik di Sini!

"Saat ini, memang sudah diukur-ukur [oleh PT Wika]. Semoga tahun ini segera dibangun karena Klaten sangat butuh hotel itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya