SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan IHSG. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA -- Analis memberi rekomendasi saham 3 Juli untuk sejumlah saham yang layak dicermati dari berbagai sektor, seperti saham perbankan dan sektor konsumer. Saham yang layak dicermati itu, di antaranya saham Bank Centra Asia (BBCA), Indofood (ICBP), dan Unilever (UNVR).

Sementara, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat terbatas pada perdagangan Jumat (3/7/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada Kamis (2/7/2020), IHSG melenggang di zona hijau sepanjang perdagangan. IHSG pada 3 Juli ditopang oleh positifnya sejumlah data ekonomi dunia dan kenaikan harga komoditas.

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Sukabumi

Ekspedisi Mudik 2024

IHSG melaju dalam rentang 4.914,39-4.966,78 dan mengakhiri lajunya di level 4.966,78 atau menguat 1,07 persen.

Seluruh sektor terpantau menghijau dengan dipimpin oleh sektor properti yang menguat 2,33 persen. Di belakang sektor properti, sektor infrastuktur dan sektor industri dasar mengekor dengan penguatan masing-masing 1,98 persen dan 1,77 persen.

Adapun dari seluruh emiten yang diperdagangkan, sebanyak 218 emiten menguat, 193 melemah, dan 150 lainnya tak beranjak dari posisinya semula.

Gara-Gara Covid-19, Festival Reog Ponorogo Ditiadakan

Saham-Saham Bernilai Besar

Sejumlah saham besar terpantau menguat pada perdagangan kemarin seperti PT PP (Persero) Tbk. (PTPP), PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI), dan PT Pbarik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. (TKIM).

Ketiganya masing-masing menorehkan penguatan 11,36 persen, 9,92 persen, dan 9,70 persen. Catatan perdagangan saham kemarin bisa menjadi acuan rekomendasi saham 3 Juli.

Direktur PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan pergerakan IHSG sedang berusaha keluar dari fase konsolidasi wajar. Namun, peluang tekanan masih cukup besar mengingat hingga saat ini para investor asing masih mencatatkan capital outflow.

Mahfud Md Perintahkan Jaksa Agung Tangkap Djoko Tjandra

Fluktuasi nilai tukar rupiah dan harga komoditas turut mewarnai pergerakan IHSG. Hari ini IHSG berpotensi bergerak menguat terbatas dalam rentang pergerakan 4.789-5.018.

Rekomendasi saham 3 Juli sekuritas ini adalah TLKM, BBCA, BBNI, PWON, ICBP, ITMG, SMRA, dan UNVR. Di antara saham-saham itu, ada saham bernilai besar.

Setahun Meninggal Akibat Tabrak Lari di Flyover Manahan Solo, Keinginan Retnoningtri Akhirnya Terwujud

Seperti BBCA yang diperdagangkan senilai Rp29.350 per lembar pada perdagangan saham kemarin. Saham lainnya bernilai lebih dari Rp5.000 per lembar, seperti UNVR senilai Rp8.050/lembar. ICBP Rp9.550/lembar, dan ITMG senilai Rp7.350/lembar.

Analis Indopremier Sekuritas Mino mengatakan penguatan IHSG pada 3 Juli lebih ditopang oleh sentimen eksternal. Salah satunya hasil positif uji coba calon vaksin Covid-19 yang diproduksi Pfizer.

Selain itu, solidnya data tenaga kerja dan data manufaktur Amerika Serikat serta menguatnya harga beberapa komoditas juga turut menopang pergerakan IHSG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya