SOLOPOS.COM - Nasi Liwet khas Solo. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Nasi liwet yang legend kini telah dikukuhkan sebagai ikon kuliner Kota Solo, Jawa Tengah. Pengukuhan dilakukan dalam Forum Budaya Mataram di halaman Balai Kota Solo, Minggu (19/6/2022).

Dengan demikian, Solo resmi menyandang julukan sebagai Kota Nasi Liwet. Lantas apa istimewanya nasi liwet khas Kota Bengawan?

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, makanan khas Solo itu sudah berusia ratusan tahun. Nama makanan ini bahkan pernah disebut dalam Serat Centhini dengan istilah sekul liwet pada 1814.

Dalam Serat Centhini jilid I, pupuh 33 Mijil, pada (bait) 35, gatra (baris) 1, disebutkan istilah sekul liwet atau bahasa lain dari nasi liwet atau sega liwet.

Pada bagian tersebut tertulis sêkul liwêt sakluwak tan luwih. Baris tersebut cukup membuktikan sajian nasi liwet pernah disebut dalam karya Sastra Jawa legend dari Kota Solo.

Baca juga: Pecel Keong, Kuliner Unik Khas Salatiga

Sementara itu, dalam buku berjudul Kuliner dalam Serat Centhini yang diterbitkan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta pada 2014, juga menyampaikan nasi liwet disebut dalam Serat Centhini.

Bagi Anda yang ingin mencicipi kelezatan rasanya, berikut rekomendasi Solopos.com tentang warung nasi liwet legendaris di Kota Solo:

1. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

Warung Nasi Liwet Bu Wongso Lemu tentu sudah sangat akrab di telinga masyarakat Kota Solo. Warung ini merupakan pemain lama dalam khazanah kuliner nasi liwet.

Warung yang berlokasi di Jl Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, itu sudah berdiri sejak 1950. Kelezatan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini tak perlu diragukan lagi.

nasi liwet kuliner solo
Penjual Nasi Liwet Bu Wongso Solo menyiapkan satu porsi nasi liwet untuk pelanggan di lapaknya Jl Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Solo, Senin (20/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Seporsinya terdiri dari nasi gurih yang dipincuk dengan daun pisang, serta aneka lauk dari suwiran ayam, sayur labu siam, telur, hingga areh atau bubur santan. Ada juga ingkung, dada, paha, sayap, ceker hingga ampela ati yang jadi pelengkap lauk.

2. Nasi Liwet Bu Sarmi

Warung nasi liwet legend di Solo lainnya adalah milik Bu Sarmi di Jl. Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon. Warung tenda yang beroperasi sejak sore hingga tengah malam ini menawarkan suasana sederhana sembari menikmati hilir mudik kendaraan di jalanan Kota Solo. Rasa nasi liwet di sini juga patut dicoba. Apalagi harganya bersahabat dan ramah di kantong.

Baca juga: Selain Pecel, Berikut Kuliner Khas Madiun yang Wajib Dicoba

3. Nasi Liwet Yu Sani

Kedai Nasi Liwet Yu Sani yang legend di Solo juga selalu ramai dikunjungi pembeli. Sebab, nasi liwet di sini terkenal enak dan murah. Harga seporsinya sekitar Rp12.000. Ada berbagai lauk pelengkap dengan harga terjangkau yang aman di kantong.

Srimah, menyiapkan satu porsi nasi liwet untuk pelanggan di lapaknya Nasi Liwet Bu Sri, utara kios Pasar Gede, Solo pagi itu, Selasa (21/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

4. Nasi Liwet Bu Sri Pasar Gede

Anda membutuhkan rekomendasi menu sarapan saat berada di Kota Solo, Jawa Tengah? Nah, ada nasi liwet legendaris dan terkenal di Kota Solo, yakni Nasi Liwet Bu Sri di Pasar Gede Solo.

Warung nasi liwet yang satu ini buka pada pagi hari, tepatnya di kawasan Pasar Gede Solo. Rasa makanan di warung yang buka sejak 1978 ini tidak perlu diragukan lagi. Harga seporsi nasi liwet di sini sangat terjangkau, cukup Rp10.000 tanpa tambahan topping apapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya