SOLOPOS.COM - Salah satu wisata di dekat Bandara Solo yakni objek wisata Kali Pepe Land di Boyolali. (Istimewa).

Solopos.com, BOYOLALI – Soloraya memiliki ragam destinasi wisata yang menarik, salah satunya yakni destinasi wisaya di dekat Bandara Solo atau Adi Sumarmo.

Bandara Adi Sumarmo tepatnya berada di Jalan Cendrawasih, Tanjungsari, Ngesrep, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Berikut rangkuman wisata terdekat yang bisa dikunjungi berdasarkan hasil penelusuran Solopos.com.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1. Kali Pepe Land

Tempat ini merupakan wisata paling dekat dengan Bandara Solo yang terletak di Banaran, Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Sebelah selatan Bandara Adi Sumarmo.

Dari Bandara Adi Sumarmo menuju wisata Kali Pepe Land ini dapat menempuh sembilan menit perjalanan menggunakan mobil.

Baca juga: Nimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga tutup pukul 22.00 WIB. Pengunjung banyak memilih datang ketika malam hari karena pemandangan Kali Pepe Land lebih indah dihiasi lampu-lampu yang dipasang di batang pohon dan bagian bangunan.

Wisata ini merupakan sebuah sungai yang berada di tengah-tengah Kota Solo dengan hulu sungai-sungai di Boyolali. Di tepi sungai terdapat tempat duduk dari kayu dengan atap rumbai untuk menikmati makanan sembari memandang pemandangan sungai.

Saat memasuki tempat wisata, akan melewati jembatan yang tidak terlalu besar namun cukup untuk dilintasi oleh mobil. Disambut dengan area utama yang tersedia berbagai penjual makanan dan area tempat makan.

Tersedia banyak tempat duduk yang menjadi ikon Kali Pepe Land yaitu saung atau rumah berbentuk segitiga untuk nongkrong.

Pengunjung menyebutkan tempat ini memiliki suasana yang nyaman dan memiliki banyak fasilitas memadai, seperti parkir, musala, toilet, dan sebagainya.

Baca juga: Wow! Capai Rp1,4 M, Pendapatan Pariwisata Boyolali Lampaui Target

2. Warung Makan Mbok Usrek

Selain wisata, ada juga kuliner legenda yang ada di dekat Bandara Solo. Kuliner tersebut yakni warung makan ini terletak di Jalan Embarkasi H., Kelipan, Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Dari Bandara Adi Sumarmo dapat menempuh 13 menit perjalanan menggunakan mobil.

Kuliner Boyolali ini memiliki cita rasa pedas yang sempat naik daun ramai dikunjungi pembeli. Salah satu kulinernya yang banyak digemari masyarakat yaitu rica-rica ayam. Rica-rica ayam merupakan salah satu masakan khas Manado, Sulawesi Utara.

Saking ramainya, warung Mbok Usrek buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 00.00 WIB. Warung makan ini dikelola sejak 2004 yang diberi nama Mbok Usrek, nama masa kecil pemiliknya.

Baca juga: Kisah Candi Borobudur yang Sempat Divonis Sakit “Kanker Batu”

Walaupun lokasinya tidak begitu stategis, warung sederhana ini mampu menghabiskan 100 Kg daging ayam dan 60 Kg beras sehari. Warung ini pun bisa meraih omzet sebanyak Rp5 juta per hari.

Harga murah dan rasa masakan yang nampol ini membanderol makanan Rp5.000. Dengan harga merakyat ini, pembeli selalu ramai datang karena harga tersebut sudah dapat menikmati rasa khas satu potong rica-rica ayam buatan Mbok Usrek.

3. De’ Tjolomadoe

Meski tempat ini sudah bukan termasuk wilayah administrasi Kabupaten Boyolali, namun tempat ini merupakan salah satu wisata dekat Bandara Solo yang bisa dikunjungi.

De’ Tjolomadoe merupakan pusat kebudayaan dan pameran pabrik gula abad ke-19 seluas 6,5 hektare dengan kafe dan museum tua.

Terletak di Jalan Adi Sucipto Nomor 1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Dari bandara Adi Sumarmo bisa menempuh 12 menit perjalanan.

Baca juga: Bikin Hayub-Hayuben! Vietnam Punya Jembatan Kaca Sepanjang 632 Meter

Peninggalan budaya yang memiliki kesan megah ini merupakan bangunan lama sejak masa penjajahan Belanda. Pabrik gula ini hingga sekarang dijadikan sebuah museum untuk wisata keluarga. Memiliki spot yang Instagramable.

Bangunan wisata di dekat Bandara Solo ini masih kokoh dan dapat menjadi sumber edukasi yang berisi sejarah kolonial. Koleksi museum cukup lengkap dengan mesin, sejarah atau riwayat pabrik, koleksi perlengkapan kantor zaman dahulu, dan sebagainya.



4.  Waduk Cengklik

Waduk cengklik berada di Desa Margorejo, Kecamatan Ngemplak, Boyolali. Pengunjung bisa beberapa pilihan wisata, misalnya naik perahu, melihat sunset, atau sekadar makan ikan bakar.

5. Waduk Cengklik Park

Baca juga: Bakal Ada Hotel hingga Pusat Kuliner, Investasi Kali Pepe Land Capai Rp150 M

Wadung Cengklik Park berada di kompleks Margorejo, Kecamatan Ngemplak, Boyolali. Terdapat banyak wahana wisata di tempat ini.

Misalnya kampung sakura, landmark dunia, rumah adat nusantara, ratusan spot foto, kolam renang, bioskop virtual reality, monorail, bom bom car, dan kereta mini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya