SOLOPOS.COM - ilustrasi (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pandemi virus corona masih belum berakhir membuat kondisi perekonomian mengalami penurunan secara drastis di berbagai sektor usaha.

Banyak pelaku usaha, mulai dari tingkat UMKM hingga skala besar yang harus merasakan penurunan pendapatan selama masa pandemi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk bertahan pada kondisi seperti ini, pebisnis tentu saja tidak boleh menyerah dan harus berinovasi dengan langkah atau strategi lain. Misalnya dengan mengoptimalkan marketing online agar tetap menghasilkan rupiah di saat pemberlakuan pembatasan mobilitas warga.

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba usaha, berikut beberapa usaha yang diyakini bisa bertahan dan berkembang di saat pandemi seperti ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Krisis Chipset Global, Harga Smartphone dan Laptop Kian Mahal

Usaha Jersey Olahraga

Di tengah kebijakan work from home, aktivitas olah raga seperti lari dan bersepeda sedang menjadi tren di berbagai kalangan untuk meningkatkan imunitas, dan mereka butuh jersey olahraga agar terlihat modis.

Ingat, bukan hanya kalangan olahragawan dan penggemar olah raga yang butuh baju bagus, komunitas, perusahaan dan sekolah juga butuh seragam bagus untuk menonjolkan identitasnya.

Produsen jersey custom bisa memanfaatkan maraknya aktivitas olah raga dan kebutuhan seragam bagi sekolah, dunia usaha, perkantoran dan komunitas. Caranya, dengan menjalin hubungan dengan sekolah, komunitas dan badan usaha.

Selain itu, dengan melayani pesanan jersey desain sendiri dengan membebaskan pelanggan memilih motif, warna, model seragan, jenis kain dan berbagai elemen lainnya atau teknologinya maka akan semakin memikat pelanggan.

Bagi Anda yang tidak memiliki produksi sendiri bisa mendaftar menjadi reseller kepada produsen. Keuntungan yang didapatkan juga terbilang cukup besar apabila ditekuni dengan serius karena pangsa pasarnya sangatlah besar.

Baca Juga: Korem, Kemenparekraf, dan Group Accor Bagikan 1.000 Vaksin di DIY

Bisnis Produk Kesehatan

Di tengah kondisi Covid-19, permintaan akan produk-produk kesehatan sangat tinggi. Bahkan banyak pelanggan yang kesulitan untuk mendapatkan produk kesehatan tersebut sehingga kehadiran bisnis produk kesehatan seperti masker, disinfektan, hand sanitizer, face shield, vitamin dan lainnya ini sangat dibutuhkan dan berpotensi menguntungkan.

Usaha Bikin Running Text

Untuk meningkatkan pemasaran usaha, para pebisnis semakin gencar meningkatkan promosi usahanya dengan berbagai cara. Dengan running text ini maka bisa menjadi sarana promosi yang efektif untuk jualan. Ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat bagus.

Runnng text adalah alat elektronik untuk menyampaikan informasi berupa text berjalan yang menyala. Cocok dipasang di depan pertokoan maupun lokasi usaha untuk memberikan pesan kepada calon pelanggan.

Selain untuk media promosi, running text juga bisa dipakai untuk jam digital masjid, maka peluang bisnis ini semakin menjanjikan.

Usaha Konfeksi

Usaha konveksi memang tidak pernah ada matinya karena konveksi adalah pembuatan produk sandang dimana pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok.

Untuk produk konveksi ada bermacam-macam dari kaus, kemeja, gamis dan berbagai produk lainnya. Beberapa permintaan produk konveksi yang tidak menurun adalah produk baju seragam sekolah. Walaupun sekolah libur, pengadaan seragam sekolah tetap diadakan karena sebagai salah satu hal wajib yang harus dimiliki siswa.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Kapitalisasi BEI Tembus Rp8.000 Triliun

Bisnis Jasa Layanan Antar

Bisnis ini dinilai mampu bertahan di kondisi krisis karena meningkatnya permintaan layanan antar untuk memenuhi kebutuhan individu akan makanan dan barang konsumsi harian tanpa harus meninggalkan rumah.

Memang benar pandemi Covid-19 memberikan tantangan pada berbagai pelaku bisnis, namun ada berbagai peluang yang bisa Anda manfaatkan.

Untuk itu, pebisnis harus terus update pengetahuan dengan belajar ilmu strategi bisnis dan pemasaran agar bisa meningkatkan penjualan. Saat ini, belajar bisnis dan pemasaran online yang kreatif tidaklah sulit. Ada berbagai website yang memberikan tips bisnis online dan strategy pemasaran diantaranya adalah Bisniz.id.

Di sini, Anda bisa belajar banyak hal terkait branding, planing, marketing, peluang bisnis hingga memaksimalkan internet marketing dan dunia digital untuk meningkatkan penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya