SOLOPOS.COM - Ilustrasi SPBU Pertamina. (Solopos.cpm/dok)

Solopos.com, SOLO — Produsen saat meluncurkan mobil Toyota Avanza menyertakan informasi rekomendasi bensin untuk Avanza. Sehingga pemilik akan mengisi dengan bahan bakar minyak atau BBM sesuai rekomendasi.

Mengapa demikian, karena BBM merupakan salah satu komponen dalam pembakaran di mesin mobil. Sehingga penggunaan bensin yang tepat akan berimbas pada performa mobil Avanza.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu pemakaian bensin sesuai rekomendasi selain meningkatkan performa juga berpengaruh pada keawetan mesin mobil.

Untuk itu jangan sampai salah, sebaiknya beli sesuai rekomendasi bensin untuk Avanza Anda. Agar mesin mobil tidak bermasalah di kemudian hari.

Ekspedisi Mudik 2024

Saat ini Pertamina memasarkan sejumlah bahan bakar minyak ke pasaran yang bisa dibeli pemilik kendaraan. Untuk Pertalite, saat ini pembeli harus menggunakan aplikasi dari Pertamina.

Baca juga: Jenis Mobil Yang Boleh Memakai Solar Bersubsidi, Ini Kriterianya

Dengan penggunaan aplikasi MyPertamina diharapkan subsidi untuk Pertalite dan Solar bisa tepat sasaran, selain itu juga digunakan untuk menghitung kebutuhan subsidi.

Rekomendadsi bensin untuk Avanza tentu tidak terlepas dari yang disarankan produsen. Selain itu juga harus melihat rasio kompresi mesin mobil untuk menentukan bensin yang cocok.

Dikutip dari Auto2000.co.id, Bensinkita.com, dan Gridoto. BBM yang dipasarkan Pertamina memiliki nilai oktan yang direkomendasikan ke mobil dengan rasio kompresi tertentu.

Seperti, Pertalite memiliki nilai oktan (RON) 90 direkomendasikan untuk kendaraan dengan rasio kompresi 9:1 hingga 10:1. Pertamax RON 92 digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi 10,5:1 hingga 11:1

Baca juga: Siap-siap, Juli 2022 Toyota Akan Naikkan Harga Mobil

Pertamax Turbo yang menggantikan posisi Pertamax Plus memiliki nilai oktan paling tinggi. Jika Pertamax Plus nilai oktannya 95, maka nilai oktan dari Pertamax Turbo adalah 98.

Rekomendasi bensin untuk Avanza sebelum 2018 dengan mesin 1 NR-VE maupun 2NR-VE dengan rasio kompresi 11,5 : 1, akan lebih optimal menggunakan bensin dengan RON 92, yakni Pertamax.

Kemudian BBM yang cocok untuk Toyota Avanza produksi 2019, idealnya menggunakan Pertamax Turbo, karena sejak tahun 2018 sudah menggunakan teknologi standar emisi EURO4.

Pertamax Turbo dengan RON 98 memiliki kandungan sulfur sekitar 20 – 30 ppm, sehingga sesuai standar emisi EURO4 yang mensyaratkan kandungan sulfur di bawah 50 ppm.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya