[ X ] CLOSE

Rekomendasi 4 Kuliner Sehat Murah Meriah di Solo

Inilah rekomendasi kuliner sehat dan murah meriah khas di Kota Solo yang wajib dicicipi.
Rekomendasi 4 Kuliner Sehat Murah Meriah di Solo
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pecel solo. (Instagram/@pemkot_solo)

Solopos.com, SOLO – Berbicara tentang kuliner di Kota Solo, Jawa Tengah, seolah tidak ada habisnya. Tidak berlebihan jika Kota Solo dijuluki sebagai surganya kuliner, mulai dari yang lezat sampai sehat.

Selama ini mungkin sudah banyak orang yang memberikan rekomendasi makanan lezat khas Kota Solo. Nah, kali ini giliran Solopos.com memberikan rekomendasi makanan dan minuman sehat yang wajib dicicipi saat mampir ke Solo. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini:

Pecel

Pecel adalah salah satu makanan sehat yang bisa dijumpai dengan mudah di Kota Solo. Hampir semua warung makan menyediakan olahan kuliner yang satu ini. Seporsi pecel plus nasi di Kota Solo bisa Anda tebus dengan harga mulai Rp4.000-an. Murah bukan?

Baca juga: Unik! Kuliner Gule Goreng Cuma Ada di Solo, Pernah Coba?

Sama seperti pecel pada umumnya, pecel di Solo berisi aneka sayuran hijau seperti kacang panjang, bayam, daun pepaya, kembang turi, hingga kecambah yang disiram dengan sambal kacang. Rasa sambal kacang di Solo jelas berbeda dengan sambal pecel di daerah lain.Perbedaannya sambal pecel di Solo terasa gurih, manis, pedas, dan lezat yang berpadu sempurna di lidah.

Brambang Asem

Selain pecel, kuliner sehat khas Solo lainnya yang patut dicoba adalah brambang asem. Makanan tradisional yang satu ini terbuat dari daun ubi jalar alias jlegor yang direbus lalun ditambah tempe gembus bacem dan dibubuhi sambal spesial dari bawang merah, cabai, asam, dan gula jawa.

Perpaduan aneka bumbu dalam sambal itu menciptakan rasa pedas dan manis yang begitu istimewa. Harga kuliner yang mudah ditemui di Kota Solo ini juga sangat murah, mulai Rp3.000-an.

Baca juga: Cerita Pemilik Warung Mbok Yem 30 Tahun Hidup di Puncak Lawu, Turun Cuma Pas Lebaran

Gudangan

Rekomendasi kuliner lezat dan sehat di Kota Bengawan selanjutnya adalah gudangan alias urap sayur. Rebusan aneka sayuran ini disajikan dengan sambal dari kelapa muda yang diparut dan diberi bumbu pedas, manis, gurih.

Gudangan ini sangat cocok disantap sebagai teman makan nasi ayam goreng atau bakar, maupun ikan asin. Rasanya tak perlu diragukan lagi, sudah pasti enak dan sehat.

Wedang uwuh

Saat sedang melancong ke Solo, jangan lupa untuk mencicipi wedang uwuh yang khas. Minuman yang satu ini masuk jajaran kuliner sehat khas Kota Solo.

Konon minuman yang berisi aneka rempah ini dapat meningkatkan imunitas dan berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Segelas wedang uwuh berisi cengkih, kayu manis, jahe, kayu secang, biji pala, serta gula batu.

Baca juga: Cerita Pasijah 11 Tahun Jadi Penjaga Desa Tenggelam di Demak: Dilindungi Mbah Mudzakir

Susu segar

Bagi yang tidak suka minuman berempah jangan khawatir. Anda tetap bisa menikmati minuman sehat yang tak kalah enak, yakni susu segar.

Ada banyak kedai susu segar di yang tersebar di Kota Solo. Harganya pun bervariasi, mulai Rp7.000-an per gelas.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago