SOLOPOS.COM - Masjid At Thohir Depok. (Antara)

Solopos.com, DEPOK — Pengurus Masjid At Thohir Cimanggis Depok menegaskan tak pernah melarang wanita tanpa hijab beribadah.

Direktur Masjid At Thohir H. Rachmatullah menyampaikan hal itu menanggapi unggahan sebuah video di media sosial yang mengesankan adanya pelarangan wanita tanpa hijab beribadah di masjid itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Atas nama Masjid At Thohir kami menyayangkan beredarnya isu yang mengesankan Masjid At Thohir telah melarang wanita tanpa hijab beribadah. Kami tak pernah melarang mereka yang tak berhijab beribadah di sini. Masjid At Thohir sangat menjunjung toleransi antar umat manusia maupun sesama Muslim,” ujar Direktur Masjid At Thohir, H. Rachmatullah lewat keterangan tertulisnya Rabu (24/8/2022).

Pengurus Masjid At Thohir mengaku telah melakukan investigasi atas informasi yang beredar di sosial media yang menyebut adanya semacam “perundungan” kepada pengunjung wanita tanpa hijab yang ingin beribadah di sana. Informasi itu coba diklarifikasi lewat kamera CCTV yang dipasang di setiap sudut masjid.

Dari rekaman kamera CCTV terungkap bahwa tak ada larangan atau perundungan yang dilakukan oleh pengurus masjid.

Baca Juga: Viral Mahasiswa Unhas Pilih Gender Netral, Begini Komentar Warganet

Sebaliknya, kejadian yang berlangsung adalah salah satu jemaah memberi isyarat sekilas kepada seorang wanita agar mengenakan hijab.

Tak jelas apakah isyarat itu melarang atau hanya imbauan agar si wanita memakai hijab jika memasuki masjid.

“Jamaah yang memberi isyarat sekilas kepada wanita itu bukanlah pengurus masjid. Jika ada yang menyebut pengurus masjid melarang wanita berhijab untuk beribadah di masjid ini, itu adalah fitnah,” ujar Rachmatullah.

Masjid At Thohir kini menjadi destinasi wisata di Cimanggis Depok dan selama ini terbuka untuk wisatawan lokal dan mancanegara yang non-muslim. Mereka dapat melihat seputaran masjid tanpa adanya diskriminasi.

“Masjid At Thohir sangat menjunjung Islam yang rahmatan lil alamin. Bahkan ada pula wisatawan nonmuslim yang datang berwisata mengambil foto dan melihat perpustakaan masjid,” ujarnya.

Baca Juga: Viral Lyodra Ginting Teriakkan Papua Merdeka di Istana, Cek Faktanya!

Sebelumnya, akun atas nama @etibudiy01 membuat heboh jagat sosial media usai mengunggah video protes atas “perundungan” kepada dirinya di masjid At Thohir.

Sang wanita menuding dia diusir saat hendak salat akibat tidak mengenakan hijab ketika memasuki masjid. Namun rekaman CCTV masjid justru menunjukkan fakta sebaliknya.

Sang wanita bukanlah diusir oleh pengurus masjid melainkan hanya mendapat isyarat sekilas dari salah satu pengunjung soal hijab. Lelaki yang memberi isyarat itu lalu menghilang masuk ke dalam masjid.

Momen tersebut hanya berlangsung hitungan detik. Lalu sang wanita itu memilih keluar sendiri dari masjid dan kemudian diketahui membuat konten video yang berisi pesan seakan dia dilarang beribadah karena tak berhijab.

Baca Juga: Viral! Aksi Nekat Penumpang Wanita Curi Tas Sopir Bus Trans Jogja

Rekaman kamera CCTV tak menunjukkan ada pengurus Masjid At Thohir mengusir jamaah akibat tidak memakai hijab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya