SOLOPOS.COM - Ilustrasi (/Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

SRAGEN-Program rekam data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) bagi warga Sragen yang lanjut usia (lansia) dan sakit, dimulai Senin (8/10/2012).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Para operator alat rekam data e-KTP akan mendatangi tempat-tempat khusus yang dekat dengan warga.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sragen, Wahyu Lwiyanto, mengungkapkan masing-masing kecamatan seharusnya sudah membuat jadwal rekam data di setiap desa. Nantinya, satu operator alat rekam data tetap di kantor kecamatan untuk melayani warga yang belum rekam data e-KTP. Satu operator akan mendatangi setiap desa.

“Selain warga lansia dan sakit, jika kebetulan di daerah itu ada yang belum rekam data, bisa langsung ikut sekalian. Jadi tidak harus ke kantor kecamatan,” ungkapnya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (7/10/2012).

Berbagai program jemput bola rekam data e-KTP itu, terangnya, bertujuan merampungkan rekam data warga Sragen, sebelum 15 Oktober. Pasalnya 15 Oktober merupakan batas akhir rekam data e-KTP. Jika ada warga yang belum rekam data e-KTP setelah tanggal itu, harus mengikuti rekam data reguler dan dikenai biaya.

Camat Karangmalang, Bambang Widyatmoko, mengungkapkan Kasi Pemerintahan Kecamatan Karangmalang sudah membuat jadwal pelaksanaan e-KTP di setiap desa. Tempat pelaksanaan rekam data e-KTP, tidak mesti di balaidesa, tapi di tempat terdekat dengan warga yang kebanyakan akan ikut rekam data-e-KTP. “Yang penting tempat itu ada listrik minimal berkekuatan 450 watt,” jelasnya.

Jika karena suatu hal ada warga yang tidak bisa dibawa ke tempat tersebut, ungkapnya, operator rekam data akan mendatangi rumah warga tersebut. “Misalnya karena sakit, jika dibawa ke tempat rekam data akan sangat merepotkan, nantinya petugas yang mendatangi rumahnya,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya