SOLOPOS.COM - Yamaha R1 di pameran otomotif GIIAS 2015. (Okezone.com)

Recall sepeda motor menimpa Yamaha R1 di seluruh dunia akibat cacat pada gir.

Solopos.com, WASHINGTON – Yamaha Global mengumumkan penarikan massal (recall) sepeda motor Yamaha R1 dan R1M di seluruh dunia. Motor bermesin 998 cc itu ternyata memiliki kecacatan pada sistem gearbox dan transmisinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Autoevolution, Rabu (25/11/2015), kecacatan yang mengakibatkan Yamaha R1 dan R1M terkena recall terdapat pada gir kedua. Menurut Yamaha, gir kedua mudah pecah jika perpindahan gigi (shifting) dilakukan dengan kasar saat motor dipacu dalam kecepatan tinggi.

Parahnya, setelah gir kedua pecah, gir lain di posisi ketiga dan keempat juga dapat mengalami hal serupa. Akibat dari kondisi tersebut, roda belakang Yamaha R1 dan R1M dapat terkunci dan penggunanya berisiko mengalami kecelakaan.

“Masalah ini muncul jika Anda memasukkan gir kedua, ketiga, dan keempat pada R1 dan R1M,” ungkap seorang sumber dari Yamaha Global yang bermarkas di Washington, Amerika Serikat.

Meski recall dilakukan pada R1 dan R1M di seluruh dunia, Yamaha mengaku belum dapat memastikan masalah tersebut terjadi pada seluruh unit atau hanya pada unit dengan kode produksi tertentu.

Kendati demikian, Yamaha hingga saat ini belum mengumukan mengenai jadwal perbaikan. Pabrikan berlambang garpu tala itu mengaku masih berfokus melakukan pengumuman recall hingga akhir pekan ini. Penjualan dua motor sport itu juga dihentikan untuk sementara waktu.

Sebagai informasi, sepeda motor Yamaha R1 dan R1M juga dipasarkan di Indonesia. Tetapi jumlahnya terbatas, hanya lima unit untuk masing-masing model. Terkait kabar recall sepeda motor tersebut, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum mengambil langkah khusus.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya