SOLOPOS.COM - Honda CB500F. (Motorcycle.com)

Recall sepeda motor menimpa moge Honda CB500F di Kanada.

Solopos.com, KANADA – Sebanyak 3.376 unit sepeda motor gede (moge) yang terdiri dari Honda CB500F dan CBR500R ditarik kembali (recall) oleh Honda Kanada. Penyebabnya adalah sensor bahan bakar yang bermasalah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Motorcycle, Senin (10/8/2015), recall sepeda motor itu menimpa moge Honda CB500F dan CBR500R yang diproduksi sepanjang 2013 hingga 2015. Pabrikan berlambang sayap mengepak itu mengatakan masalah utama terjadi pada arm holder sensor level di dalam tangki bensin.

Permasalahan tersebut mengakibatkan informasi mengenai sisa bahan bakar yang ditampilkan di panel meter menjadi tidak akurat. Bahkan kemungkinan terburuknya, sensor akan mengalami korsleting yang mengakibatkan sekering meledak dan membuat motor berhenti tiba-tiba.

Sejauh ini recall sepeda motor Honda CB500F dan CBR500R sudah dilakukan di Kanada dan Australia. Akan tetapi di Negeri Kanguru itu belum dijelaskan jumlah pasti dari sepeda motor yang ditarik.

Selain dipasarkan di dua negara itu, Honda CB500F juga dipasarkan di Indonesia lewat segmen Honda Big Bike. Bahkan sejak diluncurkan Juli 2015 lalu, CB500F menjadi varian terlaris karena banderolnya yang paling murah di antara varian lainnya, yakni Rp125 juta on the road Jakarta.

Akan tetapi saat dikonfirmasi, PT Astra Honda Motor (AHM) mengaku belum mengetahui permasalahan sensor bensin yang menimpa CB500F.

“Kami belum dapat update info data motornya apakah yang dipasarkan di Indonesia termasuk rentang produksi yang harus diperbaiki atau tidak,” ungkap sumber internal AHM sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Okezone.

Sebelumnya, awal Agustus 2015 lalu Honda Amerika Serikat (AS) juga sempat melakukan recall besar-besaran terhadap 45.153 unit moge Honda. Permasalahannya kala itu adalah relay starter yang tidak tahan panas sehingga mudah terbakar.

Beberapa produk yang terkena recall juga dipasarkan di Indonesia, yakni Honda NM4 Vultus, CB500X, CB500F dan CBR650F. Akan tetapi AHM mengklaim jajaran Honda Big Bike yang hadir di Tanah Air tidak terdampak masalah tersebut.

“Big Bike kami bebas recall, karena unit kami sendiri dalam pemesanan jadi sudah langsung diperbaiki di Jepang, sehingga nantinya unit yang datang sudah tidak ada masalah,” kata Johannes Loman, Executive Vice President AHM seperti dilansir laman Metrotvnews.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya