Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Realisasi Pendapatan Pajak 2022 di Sukoharjo Naik 16,91%

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Sukoharjo Richard Tri Handoko menyebut capaian realisasi pajak daerah sampai dengan (30/11/2022) naik 16,91%.
SHARE
Realisasi Pendapatan Pajak 2022 di Sukoharjo Naik 16,91%
SOLOPOS.COM - Tax Gathering Gebyar Undian Hadiah PBB P2 di Wisma Boga, Rabu (7/12/2022). (Istimewa/Humas Pemkab Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO– Realisasi Pajak Daerah 2022 di Sukoharjo mencapai Rp 250.478.631.165 dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2022 sejumlah Rp 214.250.000.000.

Sementara capaian Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) 2022 sebesar 85%.

PromosiMesin Baru di Mitsubishi L300 Euro 4: Lebih Bertenaga, Hemat Bahan Bakar

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Sukoharjo Richard Tri Handoko menyebut capaian realisasi pajak daerah sampai dengan (30/11/2022) naik 16,91%. Pajak daerah yang dikelola BKD menjadi salah satu pendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sukoharjo.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Menurut Richard, seluruh jenis pajak daerah mulai dari pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan mengalami kenaikan dari target yang ditetapkan.

Bahkan, pajak mineral bukan logam dan batuan (minerba), parkir, air tanah, PBB-P2 dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan/atau Bangunan (BPHTB) juga naik dari target.

Baca Juga: Pilkades 13 Desa Selesai Tanpa Gejolak, Kapolres Sukoharjo Lega

“Pencapaian ini tentunya berkat kerjasama semua pihak, utamanya perhatian, penyediaan fasilitas, arahan dan kebijakan Ibu Bupati Etik Suryani, yang terus ikut langsung memonitor dan mendorong kami agar pencapaian PAD terus meningkat,” kata Richard dalam kegiatan Tax Gathering Gebyar Undian Hadiah PBB P2 di Wisma Boga, Rabu (7/12/2022).

Dia menyebut perolehan PBB-P2 berdasarkan realisasi pokok mencapai Rp 34.125.351.714 sementara ketetapan pokoknya sebesar Rp 39.740.638.737 dengan jumlah Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) 385.131. Dari jumlah tersebut, realisasinya sebesar 85%.

“Untuk jumlah desa dan kelurahan lunas pada tahun ini mengalami peningkatan dalam hal jumlah yaitu 102 Desa/Kelurahan dan 12 Kecamatan. Padahal pada tahun sebelumnya baru berjumlah 83 Desa/Kelurahan dan 11 Kecamatan,” sebut Richard.

Berkaitan dengan pencapaian pajak daerah tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo juga telah menyampaikan pencairan Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi kepada desa. Penyampaian itu disesuaikan dengan  jumlah desa yang terus meningkat dari tahun ke tahun, sejalan dengan peningkatan realisasi Pajak dan Retribusi Daerah. Pada 2022 tahap pertama sudah direalisasikan sebesar Rp 22,9 Miliar.

“Dengan PAD yang semakin meningkat kita bisa semakin mandiri dalam membiayai pembangunan dalam mewujudkan visi Sukoharjo yang lebih makmur. Peningkatan PAD ini dampaknya bagi Desa jelas akan menambah pendapatan Desa melalui Pos Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi. Sehingga bisa menjadi pelengkap dari dana lain yang disalurkan seperti Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Bantuan keuangan (Bankeu),” urainya.

Baca Juga: Sampai Siang! Samsat Keliling Sukoharjo Hari Ini di Kecamatan Gatak dan Weru

Sementara itu, Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan ada evaluasi terhadap pelaksanaan PBB-P2 tahun 2022. Dia mengatakan perlu adanya penekanan sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat di Kabupaten Sukoharjo agar taat membayar Pajak PBB-P2.

Sehingga diharapkan seluruhnya tidak perlu menunggu sampai jatuh tempo pembayarannya. Dia berpesan pihak terkait juga harus terus menciptakan inovasi dan terobosan baru dalam optimalisasi pendapatan seluruh pajak daerah terkhusus PBB-P2.

“Saya juga mengimbau kepada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Sukoharjo untuk selalu mengupdate serta mengevaluasi Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) tanah dan bangunan. Sehingga harganya bisa menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan, sehingga bisa menjadi parameter yang valid dan mendekati harga pasar. Hal ini sangat berpengaruh besar terhadap nilai ekonomis serta tidak kalah penting yaitu peningkatan pendapatan pajak daerah baik PBB-P2 maupun BPHTB di Kabupaten Sukoharjo,” tegas Etik.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode