SOLOPOS.COM - Striker Atletico Madrid, Diego Costa (depan) merayakan golnya ke gawang Real Madrid pada babak pertama final Copa del Rey di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (18/5/2013) dini hari WIB. Gol Costa menjadi penyeimbang 1-1, setelah pada sebelumnya Atletico tertinggal lewat tandukan Cristiano Ronaldo. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Striker Atletico Madrid, Diego Costa (depan) merayakan golnya ke gawang Real Madrid pada babak pertama final Copa del Rey di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (18/5/2013) dini hari WIB. Gol Costa menjadi penyeimbang 1-1, setelah pada sebelumnya Atletico tertinggal lewat tandukan Cristiano Ronaldo. JIBI/SOLOPOS/Reuters

MADRID  – Duel final Copa del Rey atau Piala Raja antara Real Madrid dan Atletico Madrid berakhir sama kuat 1-1 di babak pertama. Madrid unggul lebih dulu melalui gol Cristiano Ronaldo, namun mampu dikejar Atletico lewat gol Diego Costa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harapan Madrid memboyong trofi musim ini tinggal tersisa pada Copa del Rey. Untuk mewujudkannya, Madrid terlebih dulu harus mengatasi rival sekotanya, Atletico Madrid pada partai final di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (18/5/2013) dini hari WIB.

Karenanya saat menghadapi Atletico, Madrid ingin menunjukkan kualitas terbaiknya. Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, menerapkan formasi 4-4-2 dengan menempatkan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema di lini depan.

Sedang di lini kedua, Madrid menurunkan Xabi Alonso, Sami Khedira, Mesut Ozil dan Luka Modric. Sementara di lini belakang, Diego Lopez kembali dipercaya sebagai penjaga gawang dengan dibentengi Essien, Albiol, Sergio Ramos dan Fabio Coentrao.

Di sisi lain, Atletico mengusung misi untuk menyudahi penderitaan dari Madrid selama 14 tahun. Los Rojiblancos, julukan Madrid, menempatkan duet dinamiknya, Radamel Falcao dan Diego Costa, di lini depan.

Sesaat setelah kick off dibunyikan wasit Carlos Clos, Atletico langsung berusaha menyerang. Namun, kondisi itu hanya bertahan beberapa saat setelah mampu dihalau barisan belakang Madrid.

Sejak itu, Madrid pun langsung menerapkan pole position. Upaya Madrid menguasai permainan berjalan cukup mulus. Dengan memainkan umpan-umpan pendek Los Blancos, julukan Madrid, mampu mengurung pertahanan Atletico.

Sementara, Atletico cenderung melakukan serangan balik. Namun, alur serangan Los Rojiblancos yang terkesan sporadis belum mampu membongkar pertahanan Madrid yang solid.

Upaya Madrid menciptakan keunggulan akhirnya terlaksana di menit ke-14. Tandukan CR7 menyambut sepak pojok Ozil tak mampu dibendung kiper Atletico, Thibaut Courtois. Ini merupakan gol ke-55 Ronaldo di semua kompetisi musim ini dan ketujuh di ajang Copa del Rey, menyamai torehan striker Atletico, Diego Costa, sebagai el pichichi sementara.

Tertinggal Atletico mulai berani keluar. Skuat besutan Diego Simeone itu mulai berani bertarung di lini tengah. Namun, kerja sama Atletico yang terlihat kurang rapi masih berujung kegagalan.

Namun, di menit ke-35 upaya Atletico akhirnya menuai hasil. Falcao yang mendapat pengawalan ketat mampu lolos untuk melepaskan umpan terobosan mendatar ke Costa. Costa yang lolos dari pengawasan lini belakang Madrid pun mampu menceploskan gol ke gawang Madrid untuk menciptakan kedudukan menjadi 1-1.

Kebobolan membuat Madrid tersengat. Juara La Liga musim lalu ini kembali menerapkan determinasi tinggi.

Menjelang babak pertama berakhir, Madrid nyaris kembali menciptakan keunggulan. Namun, tendangan keras Ozil dari luar kotak penalty masih membentur mistar gawang Atletico. Kedudukan 1-1 pun tak berubah dan mengakhiri babak pertama.

Susunan Pemain

Real Madrid (4-4-2)

Diego López (Gk); Essien, Albiol, Ramos, Coentrão; Xabi Alonso, Khedira, Modric, Özil; Cristiano Ronaldo , Benzema

Cadangan: Casillas, Kaká, Carvalho, Arbeloa, Higuaín, Callejón y Di María.

Atletico Madrid (4-4-2)

Courtois, Juanfran, Godín, Miranda, Filipe Luis; Gabi, Mario Suárez, Koke, Arda Turan; Diego Costa, Falcao

Cadangan:Asenjo, Cata Díaz, Tiago, ‘Cebolla’ Rodriguez, Raúl García, Adrián y Óliver.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya