SOLOPOS.COM - Kendaraan pelat luar daerah diperiksa tim gabungan saat memasuki wilayah Kartasura, Sukoharjo pada Rabu (23/12/2020).

Solopos.com, SUKOHARJO – Seorang pemudik dinyatakan reaktif Covid-19 dari hasil rapid test dalam pemeriksaan acak yang dilakukan tim gabungan Sukoharjo pada Rabu (23/12/2020).

Pemudik tersebut terpaksa diminta putar balik ke wilayah asal. Kepala Pospam Kartasura, AKP Banuari, mengatakan pemeriksaan terhadap kendaraan roda empat dari luar daerah dilakukan di Pos pengamanan (Pospam) Terpadu di Kartasura.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setidaknya ada 50-an mobil pribadi yang dihentikan, kemudian petugas melakukan rapid test secara random kepada 25 orang penumpang kendaraan tersebut. Hasilnya sebanyak 24 orang nonreaktif dan satu orang reaktif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test antigen di Sukoharjo.

"Untuk yang hasilnya reaktif kami minta untuk putar balik kembali ke wilayah asalnya dan melakukan isolasi mandiri," jelasnya.

Rapid Test Acak, Pemudik Asal Serang Mampir ke Prambanan Klaten Reaktif

Banuari mengatakan penyekatan dalam rangka Operasi Lilin Candi tersebut sebagai antisipasi pemudik atau pendatang dari luar daerah. Pemeriksaan mobil pribadi dari luar daerah dilakukan di depan Pospam yang berlokasi di bekas terminal lama Kartasura. Untuk yang hasil rapid test nonreaktif bisa melanjutkan perjalanan.

Rata-rata kendaraan mobil pribadi yang diperiksa datang dari arah Yogyakarta maupun Semarang dengan tujuan Sukoharjo.

Pj Sekda Sukoharjo Positif Covid-19, 40 Orang Kontak Erat

"Kami juga menyampaikan imbauan kepada para pengemudi supaya tetap menjaga jarak, selalu memakai masker dan cuci tangan guna mencegah dan memutus penyebaran virus corona," ujar Banuari.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sukoharjo mengatakan petugas melakukan penyekatan di pintu masuk wilayah Sukoharjo. Petugas lantas memeriksa secara random setiap pendatang dengan melakukan rapid test antigen maupun rapid test antibodi kepada pemudik yanghendak masuk Suoharjo.

Kasus Positif Covid-19 Wonogiri Tambah 42, Total Tembus 1.151

Sasaran Rapid Test

Sasaran rapid test dilakukan bagi pendatang dari luar daerah di Soloraya. Tidak hanya pendatang yang turun di Terminal Sukoharjo, namun juga kendaraan berpelat nomor luar daerah.

Mereka dicek kesehatan dan di rapid test sebagai langkah screening pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten Sukoharjo. Bagi pendatang atau pemudik dengan hasil rapid test reaktif akan dilakukan tindakan tes swab PCR.

"Selama menunggu hasil swab PCR keluar, mereka akan kami minta isolasi mandiri," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya