SOLOPOS.COM - Wanita polisi memberi hadiah pengendara sepeda motor yang taat peraturan lalu lintas di Ungaran, Kamis (17/3/2016). (JIBI/Semarangpos.com/Aditya Pradana Putra)

Razia kendaraan akan mulai dilakukan aparat kepolisian di Kabupaten Semarang dan Salatiga dalam rangka Operasi Patuh Candi 2016.

Semarangpos.com, UNGARAN – Kepolisian Resort (Polres) Semarang dan Salatiga menjadwalkan pergelaran Operasi Patuh Candi 2016 mulai Senin (16/5/2016) ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baik di Semarang maupun Salatiga, razia dalam Operasi Patuh Candi 2016 itu diawali dari jalan di depan mapolres masing-masing pada Senin pagi sekitar pukul 08.00. Selanjutnya, razia mungkin dilakukan di wilayah yang jarang dipantau polisi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari. Dari tanggal 16-29 Mei nanti,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Salatiga, AKP Edy Sutrisna, dalam pesan singkatnya kepada Semarangpos.com, Minggu (15/5/2016).

Pernyataan senada juga diungkapkan oleh Kasatlantas Polres Semarang, AKP Dwi Nugraha, yang mengaku akan menggelar Operasi Patuh Candi di wilayahnya selama dua pekan. Dwi mengaku operasi ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan maupun pelanggaran lalu lintas di wilayahnya.

Selama ini, tingkat kecelakaan di Kabupaten Semarang terbilang tinggi. Bahkan selama dua pekan terakhir di Kabupaten Semarang sudah terjadi kecelakaan sebanyak empat kali dengan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa hingga dua orang.

Kali terakhir kecelakaan terjadi di wilayah Kabupaten Semarang melibatkan satu truk, sembilan mobil dan enam motor di daerah Lemah Abang. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

“Saya akui tingkat kecelakaan di Kabupaten Semarang memang terbilang tinggi. Menurut saya itu karena wilayah kami merupakan jalur pelintasan dan dilalui kendaraan-kendaraan bermuatan besar,” imbuh Dwi.

Pelanggaran
Sementara itu, untuk menekan tingkat pelanggaran di wilayah Kabupaten Semarang, Dwi mengaku akan menggelar razia secara rutin selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi. Razia kendaraan nantinya akan menyasar di daerah-daerah yang selama ini jarang terpantau.

“Seperti Jl. Muh. Yamin, maupun jalur-jalur yang berdekatan dengan pabrik. Di wilayah itu seringkali terjadi pelanggaran lalu lintas. Banyak yang melintas di wilayah itu tidak dilengkapi surat-surat maupun kelengkapan berkendara. Nanti, saat Operasi Patuh Candi, wilayah itu akan kami tertibkan,” beber Dwi.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya