SOLOPOS.COM - Sepeda motor yang ditahan Satlantas Polres Gunungkidul di Mapolres, Kamis (3/12/2015). (JIBI/Harian Jogja/Uli Febriarni)

Razia kendaraan digelar di Gunungkidul sebagai rangkaian Operasi Simpatik Progo 2016

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Kepolisian Resort Kabupaten Gunungkidul menggelar Operasi Simpatik Progo 2016 untuk menertibkan seluruh pengguna kendaraan. Operasi tersebut akan dilaksanakan selama 21 hari yakni sejak 1 hingga 21 Maret mendatang.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Kasatlantas Polres Gunungkidul. Andrey Valentino mengungkapkan bahwa operasi akan difokuskan pada kegiatan pencegahan atau preventif.

Ia mengungkapkan selama ini banyak warga yang masih melanggar ketertiban lalu lintas, antara lain penggunaan helm, pelanggaran lampu APILL dan marka jalan. Dalam operasi Simpatik kali ini ia pun akan menertibkan sejumlah parkir liar yang berada di clean area.

“Operasi simpatik yang dilakukan nanti 80 persen bersifat teguran dan himbauan, akan dilakukan pada seluruh pengguna jalan yakni roda dua dan roda empat,” katanya saat ditemui di Polres Gunungkidul, Selasa (1/3/2016).

Selain itu ia juga akan memberi imbauan kepada sejumlah kendaraan bermotor yang melakukan modifikasi diluar standarisasi. Ia memberi contoh, yakni seperti vespa sampah yang dianggap dapat membahayakan dalam berkendara. Sehingga pihaknya akan memberikan tilang berupa surat pernyataan.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul, AKBB Hariyanto mengatakan operasi simpatik yang digelar ialah untuk menciptakan kawasan tertib lalu lintas serta dalam rangka menekan angka Kecelakaan dan menimbulkan  potensi bertambahnya korban lalu lintas yang berakibat fatal.

Ia menambahkan bahwa selama ini pelanggaran lalu lintas masih banyak dilakukan, terutama oleh pengguna kendaraan bermotor.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar mampu disiplin dalam berkendara,” kata dia.

Hariyanto melanjutkan operasi simpatik progo akan menerjunkan 125 Personil gabungan satgas. Ia berharap nantinya seluruh personil yang terlibat dalam pelaksanaan operasi simpatik dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya