SOLOPOS.COM - Petugas menata berkas administrasi pengendara yang disidang di tempat dalam rangka operasi terpadu yang digawangi Satlantas Polres Boyolali dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Boyolali di Terminal Sunggingan, Boyolali, Jumat (24/10/2014). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI – Satlantas Polres Boyolali menggelar operasi terpadu Penegakan Hukum Bersama Guna Tertib Administrasi dan Laik Jalan Kendaraan Bermotor di Terminal Sunggingan, Boyolali, Jumat (24/10/2014) pagi.

Selain pemeriksaan kelengkapan administrasi kendaraan, dalam operasi yang dimulai dari pukul 08.30 WIB sampai 10.00 WIB itu juga dilakukan tes urine khususnya bagi sopir bus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasatlantas Polres Boyolali AKP Priyono, mengatakan dalam operasi yang digelar bersama Dinas Perhubungan dan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Boyolali, Satuan Reserse Narkoba Polres Boyolali, Pengadilan Negeri (PN) Boyolali, serta Kejaksan Negeri Boyolali tersebut, sebanyak 50 kendaraan terjaring razia.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dari 50 kendaraan yang terjaring [operasi], 19 kendaraan di antaranya terbukti melanggar,” kata Priyono saat dijumpai seusai operasi.

Priyono mengatakan sebagian besar pelanggaran dilakukan pengendara karena terbukti tidak membawa surat kelengkapan berkendara. Mereka yang melanggar mengikuti sidang di tempat.

Sementara itu, selama operasi dan tes urine pihaknya tidak menemukan pengendara, khususnya supir bus dan truk yang positif mengandung zat adiktif.

“Operasi itu tentu perlu dilakukan untuk mencegah sopir menggunakan obat terlarang yang bagaimanapun juga bisa mengancam keselamatan jiwa saat mereka berada di jalan,” ujar Priyono.

Anggota staf bagian umum UPTD Terminal Sunggingan, Harno, mengatakan selama ini jarang dilakukan tes urine bagi sopir bus yang kerap masuk terminal.

“Sebenarnya sopir perlu menjaga diri mereka sendiri juga dengan menghindari narkoba dan minuman keras,” kata Harno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya