SOLOPOS.COM - Mantan bintang NBA, Dennis Rodman. DokJIBI/Solopos/Reuters


Solopos.com, BEIJING –
Mantan bintang NBA, Dennis Rodman, bakal menggelar pertandingan eksebisi bersama para mantan pebasket dunia di Korea Utara (Korut), dalam rangka merayakan hari ulang tahun pimpinan negara itu, Kim Jong Un.

Rodman terbang ke Korut dari China, Senin (6/1/2014) waktu setempat. Ini merupakan perjalanan keempat Rodman ke ibu kota Korut, Pyongyang. Meski belum diumumkan secara resmi, Rodman dikabarkan akan menjalani laga eksebisi bola basket dengan para rekannya, mantan pebasket NBA.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada kunjungan sebelumnya, Rodman berada di Korut sebagai tamu istimewa Kim. Rodman mengaku ia dan Kim memiliki persahabatan yang baik, meskipun saat itu dia tak bisa bertemu dengan sahabatnya itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Rodman mengaku dirinya tak peduli dengan urusan politik negaranya, Amerika Serikat. Diketahui sebelumnya, bahwa AS dan Korut memiliki hubungan politik yang buruk dan acap memanas.

“Orang-orang mengatakan bahwa Korea Utara seperti negara yang benar-benar komunis, karenanya orang-orang tak diizinkan ke sana,” ujar Rodman dalam wawancara dengan para wartawan, seperti dilansir Reuters, Senin.

“Saya hanya tahu faktanya, Anda tahu, bagi saya dia [Kim] adalah orang yang menyenangkan.”

“Apapun kebijakan politiknya, itu bukan tanggung jawab saya. Saya hanya atlet, individu yang ingin ke sana dan memainkan sesuatu untuk dunia. Hanya itu.”

Kunjungan terbaru Rodman ini terjadi sesaat setelah pembersihan kepada para pengikut paman Kim, Jang Song Thaek, yang dieksekusi pada Desember kemarin.

Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, menggambarkan peristiwa itu sebagai teror yang dilakukan pemerintah. Pembersihan terhadap Jang, yang dianggap sebagai orang berkuasa kedua di Korut, menunjukkan faksionalisme dalam pemerintahan yang rahasia.

Menanggapi kritik yang ditujukan padanya untuk tak bermain di negara Komunis, Rodman tak takut. “Apakah mereka akan menembak saya? Apakah mereka akan menembak saya? Ayolah, kawan,” tegas Rodman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya