SOLOPOS.COM - Ilustrasi senjata api. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Sedikitnya 150 orang tewas akibat kekerasan bersenjata api pada akhir pekan perayaan kemerdekaan 4 Juli di seluruh Amerika Serikat atau AS. Para korban penembakan itu, menurut data yang dikumpulkan Arsip Kekerasan Senjata terkapar pada lebih dari 400 insiden selama masa perayaan kemerdekaan AS.

Data kekerasan bersenjata tersebut dihimpun Arsip Kekerasan Senjata secara nasional selama 72 jam, Jumat-Minggu (2-4/7/2021). Data itu masih terus berkembang dan akan terus diperbarui.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di New York, di mana kekerasan senjata telah meningkat ke tingkat yang tidak terlihat selama bertahun-tahun, terdapat 26 korban dari 21 penembakan dari Jumat hingga Minggu. Angka itu menunjukkan penurunan dari periode yang sama tahun lalu ketika 30 orang tertembak dalam 25 penembakan, menurut laporan Kepolisian New York.

Baca Juga: Varian Delta Meluas, Kata WHO Tetap Pakai Masker!

Pada tanggal 4 Juli lalu, kota tersebut mengalami 12 insiden penembakan yang melibatkan 13 korban sepanjang masa perayaan kemerdekaan AS. Angka itu meningkat dari tahun lalu ketika ada delapan penembakan dan delapan korban, menurut NYPD.

Sepanjang tahun ini, insiden kekerasan senjata di New York dilaporkan melonjak hampir 40% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, 2020. Saat itu sebanyak 767 penembakan terjadi dengan 885 korban.

Sedangkan di Chicago, 83 orang ditembak, termasuk 14 tewas, dalam sebuah aksi penembakan mulai pukul 18.00 waktu setempat. Salah satu dari 14 orang yang tewas adalah anggota Garda Nasional Angkatan Darat Illinois.

Polisi Juga Terluka

Keluarganya mengidentifikasi bahwa di media sosial namanya tertera sebagai Chrys Carvajal, meskipun pemeriksa medis Cook County belum secara resmi merilis namanya.

Letkol Brad Leighton mengkonfirmasi kepada CNN bahwa Carvajal ditugaskan ke Kompi L, Garda Nasional Angkatan Darat Illinois. “[Carvajal] baru di Garda Nasional Illinois dan akan ditugaskan ke unit transportasi. Dia baru saja menyelesaikan pelatihan dasar Angkatan Darat,” kata Leighton sepereti dikutip Cnn.com, Selasa (6/7/2021).

Sementara itu, dua petugas polisi Chicago terluka dalam penembakan semalam ketika seorang individu melepaskan tembakan saat petugas membubarkan kerumunan beberapa ribu orang dan melakukan lebih dari 60 penangkapan, menurut laporan polisi.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya