SOLOPOS.COM - Warga terkonfirmasi positif Covid-19 memasuki bus untuk diantar menjalani isolasi di tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Minggu (1/8/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Ratusan warga Klaten yang sebelumnya menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, karena positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Namun, masih ada puluhan warga Klaten lainnya yang masih menjalani isolasi di Donohudan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, jumlah total warga Klaten yang menjalani isolasi di Donohudan sebanyak 450 orang hingga Selasa (17/8/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari jumlah itu, tersisa 53 orang yang menjalani isolasi di asrama haji tersebut. Sebanyak 393 orang dinyatakan sembuh dan empat orang dirujuk ke rumah sakit.

Baca Juga: Beri Bantuan Konsentrator Oksigen Ke Klaten, Gibran: Soloraya Harus Kompak Atasi Pandemi!

Ekspedisi Mudik 2024

Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan jumlah warga Klaten yang menjalani isolasi terpusat di Donohudan, Boyolali, semakin berkurang seiring banyaknya warga yang sembuh.

Kepastian mereka sembuh berdasarkan hasil tes polymerase chain reaction (PCR) dengan hasil negatif. Tes PCR dilakukan selang 10 hari sejak awal menjalani isolasi. “Begitu hasil tes negatif, langsung dipulangkan,” kata Ronny saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (17/8/2021).

Mobilisasi Warga Positif Covid-19

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, menuturkan edukasi kepada warga terkonfirmasi positif Covid-19 agar mau menjalani isolasi terpusat masih digencarkan.

Baca Juga: 13 Orang dengan Gangguan Jiwa Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19 di Jatinom Klaten

Dalam hal itu, Polres menggandeng satgas tingkat kecamatan hingga desa. Edukasi dilakukan agar warga positif Covid-19 itu bersedia menjalani isolasi terpusat di Klaten maupun Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Mobilisasi warga positif Covid-19 dari tempat isolasi mandiri ke isolasi terpusat untuk memudahkan pengawasan serta mengantisipasi penularan Covid-19 di tingkat keluarga.

Baca Juga: Innalillahi, 26 Ibu Hamil dan Baru Melahirkan di Klaten Meninggal Dunia Gegara Covid-19

Sementara itu, tingkat keterisian tempat tidur isolasi dan ICU khusus pasien Covid-19 di rumah sakit saat ini di angka 51,4 persen atau terisi 428 tempat tidur dari total kapasitas 833 tempat tidur per Selasa.

Di Klaten ada 12 rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dan satu rumah sakit darurat Covid-19. “Ketersediaan oksigen medis di rumah sakit saat ini masih cukup untuk beberapa hari ke depan,” kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Klaten, Tri Nyantosani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya