SOLOPOS.COM - Gunung Semeru (JIBI/Solopos/Antara)

Gunung Semeru (JIBI/SOLOPOS/Antara)

LUMAJANG — Ratusan pendaki domestik dan mancanegara merayakan Tahun Baru 2013 di Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (31/12/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sekitar 500 pendaki yang naik ke gunung tertinggi di Pulau Jawa untuk merayakan pergantian tahun,” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ayu Dewi Utari.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, jumlah wisatawan yang melakukan pendakian ke Gunung Semeru sejak liburan sekolah yang bertepatan dengan libur Natal dan Tahun Baru 2013 rata-rata mencapai 300 orang per hari dan jumlahnya semakin bertambah jelang Tahun Baru 2013.

“Jalur pendakian Semeru dibatasi hingga Pos Kalimati sesuai dengan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), sehingga para pendaki dilarang merayakan tahun baru di puncak Semeru (Mahameru) karena berbahaya,” tuturnya.

PVMBG menetapkan status Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Waspada (Level II) sejak 2 Mei 2012, sehingga masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas di radius empat kilometer dari puncak Semeru.

Ayu mengimbau para pendaki mematuhi rekomendasi tersebut demi keselamatan mereka dan selalu waspada di jalur pendakian akibat musim hujan yang rawan pohon tumbang dan cuaca buruk.

“Petugas akan mengecek perlengkapan yang dibawa oleh pendaki dan memberikan arahan kepada para pendaki pemula, agar tidak tersesat dan selalu waspada terhadap cuaca yang tidak menentu di jalur pendakian Semeru,” paparnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kata dia, TNBTS menyiagakan sebanyak 30 personel yang memantau pendaki di jalur pendakian Semeru yang dimulai dari Pos Ranu Pani.

“Saya mengimbau para pendaki tidak membuang sampah sembarangan selama mendaki ke gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl tersebut, dan diharapkan pendaki juga membawa kantong plastik untuk sampah, sehingga tidak mengotori kawasan konservasi.

Rute jalur pendakian Semeru yakni Ranu Pani – Watu Rejeng – Ranu Kumbolo – Oro-oro Ombo – Cemoro Kandang – Jambangan – Sumbermani – Kalimati – Arcopodo – Cemoro Tunggal – Mahameru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya