SOLOPOS.COM - Siswa SD saat belajar bersama dalam acara Student on Stage FKIP UKSW Salatiga, Kamis (10/11/2022). (Istimewa/Humas UKSW)

Solopos.com, SALATIGA–Tercatat sebanyak 572 Mahasiswa dan siswa Sekolah Dasar (SD) mengunjungi Student on Stage Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang digelar Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang bertempat di Balairung UKSW, Kamis (10/11/2022).

Ketua Program Studi (Kaprodi) PGSD FKIP Agustina Tyas Asri Hardini menyatakan bahwa Student on Stage merupakan kegiatan diseminasi hasil karya mahasiswa.

“Kegiatan ini diselenggarakan supaya mahasiswa dapat menunjukkan hasil kinerjanya, baik berupa produk perkuliahan maupun bakat yang dimiliki,” terangnya dilansir dari rilis Humas UKSW, Selasa (15/11/2022).

Di sesi pertama acara Student on Stage, telah ramai oleh sedikitnya 151 pengunjung siswa dan guru pendamping SD di Salatiga seperti SD Kristen Satya Wacana, SD Kristen 1 Salatiga, serta SD Negeri Dukuh 1 Salatiga.

Baca Juga: UKSW Gelar Fun Run, Peserta dari Lokal hingga Amerika Serikat

Berbagai stan hasil karya mahasiswa mulai dari Pojok Matematika, Seni Budaya dan Prakteknya, Menulis Halus, Mendongeng, Piramida Burger Paragraf dan Mahjong, Kaki Tangan serta Domino tidak hanya dipamerkan, namun juga terdapat permainan yang dapat dimainkan oleh pengunjung.

Dini, sapaan akrab Agustina Tyas Asri Hardini, menyatakan bahwa stan yg ditampilkan merupakan perwakilan dari mata kuliah yang tersaji di semester ini.

“Masing-masing mata kuliah menghasilkan produk perkuliahan, di antaranya mata kuliah Konsep Dasar IPA, Konsep Dasar PPKn, serta Kurikulum dan Pembelajaran SD,” imbuh dia.

Selain itu, ada pula mata kuliah Kemampuan Berbahasa dan Bersastra, Strategi Pemecahan Masalah Matematika serta Seni Budaya dan Prakarya. Karya yang ditampilkan merupakan hasil karya mahasiswa angkatan 2019, 2020, dan 2021.

Baca Juga: Peduli Lansia, UKSW Gelar Perempuan Hebat di Usia Indah

Diungkapkan Dini, dengan mengikuti acara ini diharapkan mahasiswa yang turut andil mengisi acara dapat lebih bersemangat dalam mengikuti perkuliahan dan merasakan manfaat dari perkuliahan yang diikuti.

“Selain itu mahasiswa menunjukkan bakat yang dimiliki selain di bidang akademik. Sedangkan bagi peserta yg hadir terkhusus mahasiswa PGSD dapat melihat adanya inovasi pembelajaran yang dilakukan dalam perkuliahan, serta mendapatkan inspirasi dari karya karya yang dipamerkan,” tambah dia.

Salah satu stan yang mencuri perhatian dengan permainannya adalah Pojok Matematika. Disini, pengunjung dapat mencoba menyelesaikan soal matematika seperti pecahan, volume, mengukur benda, dan lainnya dengan media dan alat permainan menarik yang disediakan.

Tak kalah mengasyikkan, ada pula permainan Mahjong, Domino, dan Kaki Tangan yang dapat digunakan untuk belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Dies Natalis ke-66, FKIP UKSW Mengkritisi Implementasi Kurikulum Merdeka

Salah satu guru yang turut berkunjung Student on Stage Lupi Prasetya Ningrum mengungkapkan bahwa acara ini sangat bermanfaat.

“Saya terinspirasi dengan metode belajar dan media pembelajaran yang dipamerkan dalam acara ini. Saya dapat mencontoh permainan untuk digunakan di dalam kelas sehingga murid dapat lebih senang dan bersemangat saat belajar,” jelas dia saat mendampingi murid SD Negeri Dukuh 1 Salatiga.

Sementara itu, murid SD Kristen Satya Wacana Lionel Abishallom Purba Tambak menyatakan perasaan girangnya saat mengunjungi acara ini.

“Seru dan seneng banget. Tadi aku main crossword dan belajar tentang kepemimpinan juga. Aku jadi tahu kalau jadi pemimpin itu harus jujur, percaya diri, bertanggung jawab dan juga menginspirasi,” ujar siswa Kelas VI ini.

Dalam sesi kedua, jumlah pengunjung dari mahasiswa mencapai 421 mahasiswa. Acara sesi kedua dimeriahkan dengan penampilan angklung, dan band akustik dari mahasiswa, doorprize dan juga kuis.

Rekomendasi
Berita Lainnya