Ratusan Kendaraan Disetop di Pos Penyekatan Selogiri Wonogiri, Pengendara Dites Antigen
Solopos.com|soloraya

Ratusan Kendaraan Disetop di Pos Penyekatan Selogiri Wonogiri, Pengendara Dites Antigen

Sekitar 200 kendaraan berpelat nomor luar daerah disetop di pos penyekatan pemudik di Jembatan Timbang, Selogiri, Wonogiri.

Solopos.com, WONOGIRI -- Ratusan kendaraan dengan pelat nomor luar daerah disetop dan diperiksa di pos penyekatan Jembatan Timbang, Desa Nambangan, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Jumat (7/5/2021) malam.

Pengendara mobil dan penumpang yang tidak membawa dokumen pemeriksaan kesehatan dan hasil tes Covid-19 langsung dites antigen di lokasi. Kabag Ops Polres Wonogiri, Kompol Budiyono, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing, mengatakan ada sekitar 209 kendaraan yang diperiksa pada Jumat malam.

Pemeriksaan menyasar kendaraan dengan pelat nomor luar daerah dan diduga tengah melakukan perjalanan jarak jauh. Menurutnya, mayoritas kendaraan luar daerah yang disetop di pos penyekatan itu dikemudikan warga Wonogiri yang tidak terindikasi sebagai pelaku perjalanan jarak jauh.

Baca Juga: Hari Pertama Larangan Mudik, Terminal Wonogiri Sepi, Warung-Warung Tutup

penyekatan kendaraan wonogiri
Petugas memeriksa salah satu pengendara/penumpang mobil yang dihentikan di pos penyekatan Jembatan Timbang Wonogiri, Jumat (7/5/2021) malam. (Istimewa)

Hal itu diketahui setelah dilakukan pemeriksaan KTP dan bagasi kendaraan. "Sebagian pengemudi sudah memiliki dokumen perjalanan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan sehingga bisa langsung melintas. Pemeriksaan kepada para pengendara bertujuan memutus mata rantai penularan Covid-19 pada momen Idulfitri 2021," katanya.

Pelaku Perjalanan Jauh

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, Adhi Dharma, mengatakan di pos penyekatan itu ada 34 orang sopir dan penumpang kendaraan yang terindikasi melakukan perjalanan jarak jauh. Puluhan orang itu ada yang berasal dari Wonogiri dan memiliki kepentingan ke luar daerah.

Baca Juga: 13.000 Perantau Mudik Ke Wonogiri, Satgas Covid-19 Nasional: Semoga Tidak Terjadi Ledakan Kasus

Selain itu, kata Adhi, ditemukan orang yang terindikasi melakukan perjalanan jarak jauh dari Jakarta dan Jawa Timur yang disetop di pos penyekatan Wonogiri itu. Bahkan, ada satu bus yang dikemudikan warga Wonogiri dan baru kembali dari Bali dengan kondisi tanpa penumpang.

Menurut Adhi, puluhan orang itu telah dites antigen dan hasilnya negatif semua. Mereka dibekali surat keterangan hasil tes antigen.

Baca Juga: Pemdes di Wonogiri Tekankan Pemudik Harus Isolasi Mandiri

"Sesuai instruksi Bupati Wonogiri, saat pemudik tiba di tempat tujuan diminta untuk segera melaporkan kedatangan ke ketua RT setempat. Sehingga bisa didata untuk pengawasan," kata Adhi.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago