SOLOPOS.COM - B.J.Habibie (Dok)

Rapimnas Goklar 2016 diadakan di Jakarta.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden ketiga RI B.J. Habibie mengingatkan pemerintah untuk lebih meningkatkan kualitas dan kemampuan anak bangsa ketimbang hanya mengandalkan sumber daya alam.

Promosi BRI Optimistis Bisnis Remitansi Tumbuh 25% Selama Ramadan dan Lebaran 2024

Habibie mengatakan masa depan suatu bangsa ditentukan oleh kualitas sunber daya manusianya, bukan dari sumber daya alam yang cenderung fluktuatif nilainya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya berkeyakinan masa depan suatu bangsa di manapun dia berada harus diandalkan pada sumber daya manusianya,” kata sesepuh Partai Golkar itu dalam pidato sambutannya di acara Rapat Pimpinan Nasional Golkar 2016, di Jakarta, Sabtu (23/1/2016) malam.

Habibie menambahkan sumber daya manusia yang diperlukan suatu bangsa adalah sumber daya manusia yang efisien, serta memahami dan memiliki nilai-nilai luhur yang mencerminkan budaya dan agamanya masing masing.

“Sejarah telah membuktikan bahwa sumber daya manusia itu lah kuncinya,” jelas dia.

Dia mencontohkan saat ini negara-negara Timur Tengah mengalami kesusahan karena fluktuasi harga minyak.

Meskipun rencana-rencana hebat telah dipersiapkan secara baik-baik dengan membayar mahal konsultan, tapi negara-negara di sana tetap mengalami kesulitan karena 90 persen anggarannya ditujukan pada pengelolaan sumber daya minyak.

Di sisi lain, negara di Eropa, yaitu Jerman, kata dia, tetap berdiri tegak karena tidak bergantung kepada harga komoditas, melainkan mengandalkan sumber daya manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya