Rangkaian Kegiatan HUT ke-175 Boyolali : Khataman hingga Wayangan

Rangkaian peringatan HUT ke-175 Kabupaten Boyolali akan dimulai Kamis (2/6/2022).
SHARE
Rangkaian Kegiatan HUT ke-175 Boyolali : Khataman hingga Wayangan
SOLOPOS.COM - Logo HUT ke-175 Kabupaten Boyolali. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten Boyolali menyiapkan sejumlah agenda kegiatan untuk menyongsong hari ulang tahun (HUT) ke-175 kabupaten setempat yang jatuh pada 5 Juni 2022. Sekretaris Daerah (Sekda) Boyolali, Masruri, mengatakan rangkaian peringatan HUT ke-175 Boyolali akan dimulai Kamis (2/6/2022).

“Untuk tanggal 2 Juni nanti jajaran Forkopimda [Forum Komunikasi Pimpinan Daerah] akan ada acara ziarah ke makam Sunan Pandanaran di Bayat, Klaten. Nanti akan ada sekitar 170-an orang,” katanya saat dijumpai Solopos.com di kantornya, Senin (23/5/2022).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Ia mengungkapkan acara selanjutnya akan ada acara Niti Tilas di Kali Gede Kridanggo pada Sabtu (4/6/2022) sore. Dalam acara Niti Tilas, akan ada beberapa acara seperti khataman Alquran dan drama fragmen.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

“Jadi Niti Tilasnya itu kan Kanjeng Sunan Pandanaran pernah duduk di batu besar di Kali Gede Kridanggo itu, jadi nanti ada dramanya. Rencananya yang fragmen [drama] itu sehabis Isya,” kata dia.

Baca juga: Ikut Jalan Sehat HUT Boyolali, Warga Andong Bawa Pulang Hadiah Rumah

Untuk khataman Al Quran, Masruri mengungkapkan akan dimulai pada Sabtu sore sehabis Asar. Ia mengatakan masing-masing kecamatan akan mengirimkan satu anak hafiz untuk memeriahkan kegiatan khataman 30 juz tersebut.

hut boyolali
Sekda Boyolali, Masruri. (Solopos-Ni’matul Faizah)

Lebih lanjut, Masruri menjelaskan kegiatan khataman pada awalnya akan ada satu anak yang mengaji tujuh juz dan disimak hafalannya oleh 23 orang lainnya. Setelah selesai tujuh juz, maka akan dilanjutkan hafalan hingga 30 juz.

“Kemudian tanggal 5 Juni ada upacara memakai pakaian adat, rencananya di Alun-alun Kidul. Nanti yang laki-laki pakai busana kejawen jangkep lengkap dengan keris. Nanti untuk yang perempuan atasnya bebas pakai baju adat apa, tapi bawah wajib pakai jarikan wiru,” kata dia.

Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

Setelah upacara dengan memakai pakaian adat, Masruri mengungkapkan acara akan dilanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Ratna Negara Boyolali. Ia mengungkapkan semua pejabat eselon II dan III akan ikut ziarah.

Baca juga: Tahu Rumah Putih Belanda di Tengah Boyolali Kota? Bisa Buat Prewed Lo!

Lebih lanjut, Masruri mengungkapkan akan ada beberapa acara pendukung yang tanggalnya masih dalam diskusi seperti wayangan dengan dalang anak dan dalang senior, lomba olahraga, dan kegiatan lain yang masih direncanakan.

Untuk diketahui, tema HUT ke-175 Boyolali tahun 2022 ini adalah Melangkah Bersama, Menata Bersama Penuh Totalitas, Menuju Boyolali yang Mandiri, Maju, Adil, dan Sejahtera. 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago