SOLOPOS.COM - Berdoa memohon agar dagangan laris. (Ilustrasi/Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sebagai anak, sudah seharusnya membacakan doa untuk orang tua, baik yang masih hidup maupun sudah meninggal dunia.

Hal ini sebagai wujud bakti anak kepada orang tua. Bentuk bakti anak bisa bermacam-macam. Namun, bagi orang tuanya yang sudah meninggal dunia bisa dibacakan doa permohonan ampunan kepada Allah SWT. Sebagaimana keterangan Syekh M Nawawi berikut ini.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Hadiah orang-orang yang masih hidup kepada orang-orang yang telah meninggal dunia adalah doa dan permohonan ampunan kepada Allah (istighfar) untuk mereka,” kata Syekh Nawawi Banten dalam kitab Nihayatuz Zain.

Mengutip situs resmi Nahdlatul Ulama (NU online), berikut ini terdapat serangkaian doa anak untuk orang tua yang meninggal dunia.

Ekspedisi Mudik 2024

Rangkaian Doa untuk Orang Tua yang Meninggal Dunia

1. Doa Pertama

Rabbighfir lii, wa li waalidayya, warham humaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.

Artinya: Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

2. Doa Memohon Ampunan untuk Orang Tua

Allaahummaghfir lil muslimiina wal muslimaat, wal mukminiina wal mukminaat, al-ahyaa’i minhum wal amwaat, min masyaariqil ardhi ilaa maghaaribihaa, barrihaa wa bahrihaa, khushuushan ilaa aabaa’inaa, wa ummahaatinaa, wa ajdaadinaa, wa jaddaarinaa, wa asaatidzatinaa, wa mu‘allimiinaa, wa li man ahsana ilainaa, wa li ashhaabil huquqi ‘alaynaa.

Artinya: Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.

3. Doa Permohonan Rahmat dan Syafaat dari Allah SWT

Allaahummaghfir lahum, warhamhum, wa ‘aafihim, wa‘fu ‘anhum. Allaahumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafaa’ata ‘alaa ahlil qubuuri min ahli laa ilaaha illallaahu Muhammadun rasuulullaah.

Artinya: Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa’at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.

4. Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Terakhir

Rabbanaa aatina fid duniaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar. Subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘an maa yashifuuna, wa salaamun ‘alal mursaliina, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin, wa ‘alaa aalihii, wa shahbihii, wa sallama, wal hamdulillaahi rabbil ‘alamiin. Al-Fatihah.

Artinya: Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (baca Surat Al-Fatihah).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya