SOLOPOS.COM - Kabid Pengujian dan Perbengkelan Dishub Solo, Henry Satya Negara (tengah) memaparkan hasil uji armada jelang lebaran di Kantor PO. Rajawali, Senin (25/4/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Solo bersama Satlantas Polresta Solo mengadakan ramp check armada bus untuk kesiapan angkutan Lebaran di PO Rajawali, Senin (25/4/2022). Hasil dari ramp check itu ditemukan ada satu unit bus yang perlu diperbaiki karena tidak laik jalan.

Kepala Bidang Pengujian dan Perbengkelan Dishub Kota Solo, Henry Satya Negara, mengatakan ada 14 unit bus untuk trayek AKAP dan tujuh unit bus trayek AKDP yang akan mengantar calon pemudik di PO Rajawali.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Ada 14 unit yang dioperasikan dengan trayek AKAP, ada tujuh unit bus dengan trayek AKDP yang dioperasikan dalam angkutan lebaran tahun ini,” ungkapnya kepada wartawan seusai kegiatan, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Sempat Anjlok 2021, Bisnis Rumahan Kue Lebaran Solo Kini Banjir Pesanan

Dari 21 total unit bus milik PO Rajawali, hanya tersisa dua unit yang akan dilakukan ramp check oleh Dishub Solo. “Kami sampling dua unit yang tersisa di pool, karena yang lain sedang beroperasi,” ujar Henry.

Dari hasil pengecekan itu ditemukan satu dari dua bus yang kurang laik beroperasi. “Hasilnya ada satu unit bus trayek AKAP jurusan Wonogiri-Solo-Sukabumi, surat-surat lengkap namun ada kekurangan di lampu rem belakang tidak menyala. Kami rekomendasikan untuk segera diperbaiki sebelum dioperasikan keluar dari pool,” tuturnya.

Baca Juga: Pengelola Terminal Tirtonadi Solo Awasi Ketat Harga Tiket Bus Lebaran

Selain itu, satu unit bus lain dengan trayek AKAP Wonogiri-Solo-Bandung yang juga diperiksa, surat-suratnya lengkap, uji KIR masih berlaku, cek fisik kendaraan semua berfungsi dengan baik.

Dishub memberikan stiker pada bus yang sudah memenuhi syarat dan layak untuk beroperasi untuk angkutan Lebaran 2022. Ramp check bus itu dilaksanakan di kantor PO Rajawali Jl Adi Sumarmo, Solo, pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Sambut Pemudik, Dishub Solo Pasang Tenda Posko Lebaran di Jurug Solo

“Sebelum melakukan perjalanan dicek kelengkapan surat-surat, dokumen perjalanan, STNK, uji kir, kartu pengawasan, uji trayek. Cek dan ricek kembali kendaraan sesuai dengan rekomendasi dari tim pemeriksa,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya