SOLOPOS.COM - Ilustrasi ramalan Raja Jayabaya (Sumber: Okezone.com)

Solopos.com, KEDIRI — Jayabaya adalah Raja Kerajaan Kediri yang dikenal dengan kemampuannya meramal masa depan. Oleh masyarakat Jawa tradisional, Jayabaya dianggap memiliki ketajaman intuitif yang kuat atau dikenal dengan sebutan kawaskitan. Salah satu hal yang tercatat dalam ramalan Jayabaya adalah kiamat.

Berdasarkan catatan sejarah, Jayabaya dianggap mempunya aji penerawangan ke depan terhadap sesuatu yang dikenal dengan kesaktian futurologi di mana secara ilmu batin, dia dapat menerawang kejadian di masa yang akan datang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir dari Okezone.com, Kamis (25/11/2021), Pengageng Kedaton Nusantara, P.N.A Masud Thoyib Adiningrat, menceritakan bahwa kepiawaian Jayabaya yang dikenal sebagai sang Ratu Adil ini dalam hal kawaskitan dan futurologi ini tidak lepas dari seorang pendeta bernama Maulana Ali Samsuyen dari Rum atau Turki

Diceritakan Jayabaya belajar dari sosok pendeta tersebut yang memang pandai meramal dan mengetahui hal yang belum terjadi. Hasil pembelajarannya dengan pendeta dari Rum tersebut membuat Jayabaya menulis surat yang dikenal dengan Serat Jangka Jayabaya. Dalam surat tersebut, dia menuliskan banyak ramalan tentang hal-hal yang akan terjadi di masa yang akan datang di mana hampir semua ramalannya benar terjadi.

Baca Juga: Gandatapa, Peninggalan Majapahit di Lereng Gunung Slamet

Ramalan itu di antaranya adalah tentang perkembangan jaman, seperti keberadaan kereta berjalan tanpa kuda (mobil dan kereta api), tanah Jawa berkalung besi (rel kereta  Api), perahu terbang di atas angkasa (maskapai penerbangan dan pesawat luar angkasa) dan sungai tanpa sumbernya (sungai buatan).

Ramalan tentang peradaban manusia yang semakin merosot juga tertulis, seperti maraknya seks bebas di kalangan pemuda dan pemudi hingga menyebabkan meningkatnya kehamilan di luar nikah, banyak juga yang mulai menentang agama, rasa kemanusiaan mulai luntur hingga gaya disorientasi yang semakin marak, salah satunya adalah LGBTQ.

Jika melihat pandangan hari kiamat beberapa kitab suci, hal-hal terkait kemerosotan akhlak dan rasa kemanusiaan pada manusia tercatat sebagai salah satu tanda-tanda menuju hari kiamat. Dalam versi ramalan Jayabaya, tanda-tanda menjelang hari kiamat ini disebutkan secara spesifik yang terlihat jelas pada kehudupan berkemanusiaan saat ini

Baca Juga: Geo Dipa Realisasikan Tajak Sumur Pertama di Dieng Unit Dua

Masud Toyib dalam hal ini menafsirkan bahwa dalam ramalan terkait tanda-tanda hari kiamat versi Jayabaya mengisyaratkan bahwa dunia akan memasuki zaman di mana semua akan terbalik dari tatanan hidup sebelumnya. Seperti kejahatan yang sudah dianggap biasa, kebaikan dilupakan dan lebih mementingkan harta, hingga masa pemburitan (LGBTQ) di mana sudah hal biasa jika sesama jenis saling menyukai (homoseksual) hingga pria berpakaian seperti wanita dan begitupun sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya