SOLOPOS.COM - Bill Gates mencoba teknologi avatar 3D. (Foto: gatesnotes.com)

Solopos.com, SOLO – Tokoh bisnis dan teknologi sekaligus investor handal asal Amerika, Bill Gates menuliskan ramalannya soal digitalisasi tahun depan. Bill Gates mengatakan bakal makin banyak avatar mewakili pertemuan virtual tahun depan.

Hal ini ia sampaikan setelah mengamati pandemi yang telah merevolusi cara perusahaan dan pekerja perkantoran dengan berbagai pertemuan virtual. Dua tahun terakhir atau sejak pandemi membatasi ruang gerak para pekerja, pertemuan virtual yang berwujud obrolan video dan semacamnya disebutnya menjadi puncak gunung es yang mempengaruhi perubahan-perubahan teknologi masa depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Sri Mulyani Bertemu Jeff Bezos dan Bill Gates di KTT COP 26, Bahas Apa?

Digitalisasi, lanjut dia, akan terus ada namun teknologi yang digunakan pasti berubah semakin baik dari waktu ke waktu. Dia pun mengapresiasi eksperimen-eksperimen yang menjawab kebutuhan umpan balik dari budaya pertemuan baru selama pandemi.

Pandangan itu disampaikan Bill Gates melalui blog pribadinya. Dan, pekerjaan kantor menjadi pokok pembahasan pertama yang dituliskan terkait isu digitalisasi masa depan. “Saya sangat senang dengan potensi eksperimen. Harapan seputar seperti apa produktivitas itu telah dijungkirbalikkan. Saya melihat banyak kesempatan untuk memikirkan kembali berbagai hal dan mencari tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak,” tulis Bill Gate.

Avatar dan Background 3D

Bill Gates menyatakan senang melihat teknologi yang diciptakan berdasarkan spontanitas, itu dipandangnya lebih membuat pekerjaan bergerak maju. Menurutnya dalam dua hingga tiga tahun mendatang, sebagian pertemuan virtual bakal berpindah dari kisi gambar 2D bergerak ke metaverse, ruang 3D dengan avatar digital.

Baca Juga: Abaikan Elon Musk dkk., Gates: Tak Ada Manfaat ke Antariksa

Bill Gates menyoroti Facebook dan Microsoft telah meluncurkan visi mereka terkait teknologi baru tersebut. Sederhananya, pertemuan antar orang di ruang virtual akan mereplikasi perasaan peserta pertemuan agar bisa merasakan berada di ruangan yang sebenarnya.

Dengan bantuan kacamata VR atau Virtual Reality dan sarung tangan penangkap gerakan untuk menangkap ekspresi, bahasa tubuh dan kualitas suara secara akurat, orang-orang diprediksinya bakal bertemu di ruang-ruang virtual 3D.

Bill Gates juga mencatat banyak perusahaan yang mengembangkan teknologi 3D dan telah menguji prototipe mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya