SOLOPOS.COM - Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Soloraya mengadakan aksi demo memprotes kenaikan harga BBM di depan Gedung DPRD Solo, Kamis (8/9/2022). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah anggota DPRD Solo menemui para mahasiswa yang menggelar aksi demo memprotes kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM di depan gedung kantor mereka, Kamis (8/9/2022).

Namun, kemunculan para legislator itu malah disambut dengan teriakan “huuuu” oleh para mahasiswa yang jumlahnya mencapai seribuan orang dari berbagai perguruan tinggi di Soloraya itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para mahasiswa tidak mau hanya ditemui para anggota DPRD. Mereka menuntut bertemu dengan Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo. Para pendemo menilai para anggota DPRD itu hanya mencari panggung.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, para mahasiswa itu berdatangan untuk menggelar demo ke depan Gedung DPRD Solo sekitar pukul 13.00 WIB. Mereka membawa poster dengan berbagai tulisan penolakan kenaikan harga BBM.

Beberapa mahasiswa menyampaikan orasi di mobil komando. Saking banyaknya mahasiswa yang ikut aksi demo, mereka memenuhi badan jalan dan mengganggu arus lalu lintas.

Baca Juga: Hindari Jl Adi Sucipto, Ada 1.000-An Mahasiswa Soloraya Demo di Depan DPRD Solo

Petugas dari Satlantas Polresta Solo mengarahkan kendaraan untuk menghindari Jl Adi Sucipto depan gedung DPRD. Petugas kepolisian lainnya mengamankan jalannya demo.

Plt Kapolresta Solo, Kombes Pol Nurrizal, memimpin langsung pengamanan aksi unjuk rasa tersebut. Seratusan aparat gabungan bersiaga di halaman Kompleks DPRD Solo.

Negosiasi

Tiga anjing dari Unit K-9 terlihat disiagakan di halaman gedung wakil rakyat. Sejumlah legislator DPRD Solo keluar untuk menyambut para mahasiswa yang menggelar aksi demo. Terlihat ada Wakil Ketua DPD Solo Sugeng Riyanto, Achmad Sapari, dan Taufiqurrahman.

Baca Juga: Hore! Tarif BST Solo Terbaru Tetap Gratis Meski Harga BBM Naik

Beberapa anggota DPRD juga terlihat keluar menemui mahasiswa. Ada Ardianto Kuswinarno, Didik Hermawan, YF Sukasno, Suwanto, Roy Saputro, dan sejumlah anggota Fraksi PDIP.

Namun, para anggota DPRD yang menemui pendemo sempat mendapat sorakan “huuu” dari karena dinilai cari panggung. Mahasiswa menuntut bertemu dengan Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo.

Para mahasiswa sempat bernegosiasi dengan para anggota DPRD Solo itu selama kurang lebih 20 menit agar menyampaikan aspirasi kepada legislator yang hadir.

Baca Juga: Tarif Bus Bumel di Terminal Tirtonadi Solo Naik, Penumpang Ngaku Sempat Kaget

Akan tetapi, para mahasiswa itu ngotot tetap ingin ditemui Budi Prasetyo yang saat itu tidak sedang berada di kantor. Baru beberapa saat kemudian, Budi Prasetyo tiba di Gedung DPRD dan menemui mahasiswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya