SOLOPOS.COM - Polisi bekerja sama dengan Gapoktan Gayam, Sukoharjo, memburu tikus yang menjadi hama di area persawahan Gayam Rabu (19/1/2022). (Istimewa-Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Anggota Polres Sukoharjo bersama anggota Kodim 0726 Sukoharjo membantu kelompok tani (Gapoktan) Gayam memburu hama tikus di area persawahan Gayam, Sukoharjo, Rabu (19/1/2022). Kegiatan tersebut dijadikan sarana sosialisasi kepada petani agar tidak menggunakan jebakan listrik untuk membasmi hama tikus.

Wakapolres Sukoharjo, Kompol Teguh Prasetyo, mengatakan sosialisasi yang dilakukan adalah mengajak petani untuk mengutamakan menggunakan cara manual atau alami saat mengendalikan hama tikus. Hal ini lantaran jebakan listrik dinilai sangat berbahaya dan berpotensi memunculkan korban jiwa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sudah diketahui bersama-sama banyak sekali korban meninggal karena jebakan listrik yang awalnya ditujukan untuk mengendalikan hama. Sehingga kami ikut membantu gropyokan tikus ini untuk memberitahu lebih baik menggunakan cara manual dan aman dibandingkan jebakan listrik yang berbahaya,” beber dia.

Baca juga: Ogah Jebakan Listrik, Sukoharjo Pilih Tyto Alba untuk Basmi Hama Tikus

Wakapolres juga menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bentuk pendampingan dari Polri guna membantu menyelesaikan persoalan di masyarakat. “Kegiatan ini arahan Kapolri. Dalam hal ini kami membantu persoalan petani dan kami harapkan bisa menjadi semangat bagi para petani meningkatkan kuantitas dan mutu hasil panen,” beber dia.

Kepala Distankan Sukoharjo, Bagas Windaryatno, mengatakan kegiatan gropyokan tikus secara masif perlu dilakukan untuk mengendalikan hama tikus. Diharapkan, melalui kegiatan tersebut dapat membuat Sukoharjo menjadi kabupaten terbesar dalam program pertanian IP400.

Perwakilan Gapoktan Gayam, Suyatmo, mengatakan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Polres Sukoharjo. Dia berharap gropyokan tikus dapat membantu melancarkan program pertanian lantaran hama yang terkendali.

“Semoga kegiatan pengendalian hama dari Polres Sukoharjo tidak berhenti di sini dan terus berlanjut. Kami sangat berterima kasih dengan bantuan ini,” ucap dia.

Baca juga: Sukoharjo Waspadai Potensi Bencana di Puncak Musim Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya