SOLOPOS.COM - Bubur Samin khas Banjarmasin yang dibagikan gratis di Masjid Darussalam Solo. (Detik.com)

Solopos.com, SOLO – Pembagian bubur samin gratis sebagai takjil menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu saat Ramadan di Kota Solo. Namun, sejak pandemi Covid-19, pembagian bubur samin di Masjid Darussalam Kelurahan Jayengan, Solo, ditiadakan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Takmir Masjid Darussalam, H Rosyidi Muhdlor. Ini merupakan kali kedua tidak ada pembagian bubur samin gratis di Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Ini sudah kedua kalinya tidak ada pembagian bubur samin, sebenarnya banyak yang menanyakan. Tapi karena kondisinya seperti ini," kata Rosyidi saat ditemui wartawan di rumahnya, Selasa (13/4/2021), seperti dilansir Detik.com.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: 5 Jajanan Enak Khas Solo Cocok untuk Takjil

Rosyidi mengatakan pihaknya sengaja tidak membagikan bubur samin gratis di Masjid Darussalam Solo untuk mengantisipasi kerumunan. Dia khawatir kerumunan itu justru memunculkan klaster baru penularan virus corona.

"Kerumunan banyak sampai 500 lebih, maka kita meniadakan dulu. Meski ada usul agar diterapkan protokol kesehatan, tapi sulit," tuturnya.

Sebagai informasi, pembagian bubur samin sudah menjadi tradisi setiap Ramadan di Solo. Warga yang menginginkan bubur khas Banjarmasin ini bisa datang ke Masjid Darussalam dengan membawa wadah sendiri.

Baca juga: Kiper Utama Persiraja Banda Aceh Kirim Sinyal ke Persis Solo

"Untuk pembagian bubur samin ke masyarakat sudah sejak tahun 1980-an, tapi kalau untuk jamaah masjid sendiri sudah sejak tahun 1965-an," terang Rosyidi.

Pada Ramadan dua tahun lalu, Masjid Darussalam menghabiskan hingga 50 kg gram beras setiap hari untuk membuat bubur samin. Bubur itu dibagikan secara gratis kepada masyarakat dan jemaah untuk berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya