SOLOPOS.COM - Ilustrasi sarapan (Thinkstock)

Ilustrasi (Thinkstock)

JAKARTA–Sarapan sama pentingnya dengan makan siang dan malam. Manfaat lebih yang didapat sangat menguntungkan bagi kesehatan. Bahkan beberapa ahlipun merekomendasikan untuk tidak melewatkan sarapan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut sebuah studi yang dilakukan University of Minnesota School of Public Health, orang yang makan sarapan setiap hari cenderung mengurasi risiko kegemukan juga diabetes. Karena orang yang sarapan setiap hari cenderung memiliki kebiasaan makan yang sehat.

“Kebiasaan makan yang baik atau dengan mengkonsumsi makanan utama sebanayak tiga kali dapat mencegah risiko kenaikan berat badan dan mencegah gula darah meningkat,” jelas Robert E. Ratner, MD, kepala medis American Diabetes Association, seperti dikutip WebMD.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 5.000 pria dan wanita, dengan usia rata-rata 18 tahun. Masing-masing peserta diminta untuk mengisi kuesioner diet. Mencakup pertanyaan berapa kali dalam seminggu mereka sarapan.

Hasilnya mereka yang sarapan empat kali atau lebih cenderung memiliki risiko terkena diabetes tipe-2 hanya 24 persen dan 25 persen untuk menjadi gemuk. Pastilah angka risiko ini jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan peserta yang cenderung makan sarapan hanya tiga kalaia atau lebih sedikit.

“Temuan ini benar-benar nyata dan menghasilkan angka yang signifikan untuk mereka yang tidak pernah melewatkan sarapan.” ujar Andrew Odegaard, PhD, MPH, salah satu kepala peneliti.

The American Diabetes Association, juga merekomendasikan untuk tetap mengonsumsi sayuran, biji-bijian, buah-buahan, susu tanpa lemak, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan dan ayam. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya