SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA–Rajin melakukan puasa Senin Kamis ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh loh. Nah, bagi Anda yang rajin melakukan kebiasaan ini pasti penasaran apa sajakah efek positifnya bagi tubuh ya?

Simak ulasan tentnag manfaat puasa Senin Kamis di tips kesehatan kali ini ya. Puasa Senin Kamis biasa dilakukan umat muslim secara rutin, karena merupakan sunah nabi. Tak hanya mendatangkan pahala, puasa Senin Kamis juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari kanal resmi RS Budi Sehat Purworejo, puasa Senin Kamis ternyata memiliki karakteristik dan metode yang hampir mirip dengan diet 5:2.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Metode diet satu ini mengharuskan penggunanya untuk membatasi asupan kalori selama dua hari dalam sepekan. Diet 5:2 ini lebih mirip disebut sebagai gaya hidup atau pola makan jika dibandingkan dengan metode diet lainnya seperti diet ketofatosis yang melarang konsumsi karbohidrat. Tidak ada batasan jenis makanan yang harus dikonsumsi, yang penting Anda disiplin dan konsisten menjaga asupan gizi seimbang.

Baca Juga: Viral Disuntik Jarum Kosong saat Divaksin, Ini Penjelasan Kemenkes

Puasa Senin Kamis dan diet 5:2 dinilai sama efektifnya dalam menurunkan berat badan sekaligus mengontrol produksi gula darah. Tentunya, selain kedua manfaat tersebut masih ada sejumlah “keajaiban” lainnya yang dapat Anda peroleh jika rutin menjalankan puasa Senin Kamis.

Berikut ini manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan tubuh seperti mengutip laman Bisnis.com, Senin (24/5/2021):

1. Mengurangi potensi serangan jantung

Penelitian yang diterbitkan British Journal of Medicine menunjukkan seseorang yang rutin menjalankan puasa dengan jeda waktu tertentu (intermittent fasting) juga memiliki risiko serangan jantung lebih rendah. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya penurunan tekanan darah sistolik pada partisipan yang terlibat dalam penelitian. Yang dimaksud tekanan darah sistolik ialah tekanan yang diterima pembuluh darah ketika jantung berdetak. Partisipan yang tidak menjalankan puasa cenderung mengalami peningkatan tekanan darah sistolik. Penurunan tekanan darah sistolik berpengaruh langsung dalam mengurangi tekanan pada arteri sekaligus mengurangi risiko serangan jantung.

2. Mengurangi pertumbuhan sel kanker

Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang abnormal. Meski tergolong sebagai penyakit yang sulit disembuhkan, efek buruk pertumbuhan sel kanker ternyata dapat dikurangi dengan berpuasa.

Baca Juga: Temuan Virus Corona Baru dari Anjing ke Manusia, Ini 5 Faktanya

Sejumlah penelitian terkait pernyataan ini masih berdasarkan hasil eksperimen pada hewan dan model sel tertentu. Namun, hasil eksperimen lainnya menunjukkan penderita kanker yang berpuasa 8 jam-10 jam jelang pengobatan rutin tidak merasakan adanya rasa pegal, lemas, atau gangguan pencernaan saat menjalani pengobatan.

3. Dapat memperpanjang usia

Pembatasan asupan makanan dengan jeda waktu tertentu seperti puasa Senin Kamis ternyata berpengaruh dalam meningkatkan usia harapan hidup sekaligus membuat tubuh tetap prima saat usia tua. Pernyataan tersebut didukung hasil penelitian yang diterbitkan di The Harvard Gazette. Penelitian tersebut menyatakan, puasa dapat membantu memperlambat proses penuaan sekaligus mencegah potensi munculnya penyakit akibat usia tua. Seseorang yang rutin melakukan puasa dalam jeda waktu tertentu cenderung lebih bugar dan tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan dini layaknya mereka yang tidak menjaga pola makan.

4. Meningkatkan daya ingat

Peneliti dari Laboratory of Neurosciences National Institute of Aging, Mark Mattson, menilai puasa Senin Kamis juga dapat membantu mempertajam daya ingat. Mattson dan timnya meneliti tentang dampak diet dan puasa terhadap saraf.

Hasilnya, puasa ternyata mengakibatkan tekanan oksidatif ringan dan dapat membantu sel saraf memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA. Puasa dan diet tinggi lemak seperti keto juga diklaim dapat melindungi otak dari potensi parkinson dan alzheimer. Mereka yang disiplin menjalankan metode diet semacam ini juga dinilai lebih fokus dan menunjukkan kemampuan daya ingat yang meningkat.

5. Mengurangi resistansi insulin dan risiko diabetes tipe 2

Manfaat lain puasa Senin Kamis adalah mengurangi resistansi insulin dan risiko terkena diabetes tipe 2. Puasa banyak dianjurkan praktisi kesehatan sebagai metode terapi untuk mengurangi resistansi insulin dan diabetes tipe 2. Berdasarkan penelitian, tubuh manusia yang menjalani puasa rutin mengalami penurunan kadar gula darah hingga 5 persen-6 persen.

Baca Juga: Pengidap Kista Ovarium Disarankan Hindari Makan Makanan Ini

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi ginjal dari kerusakan, yang merupakan salah satu komplikasi penyakit diabetes. Itulah lima manfaat puasa Senin Kamis yang dapat Anda rasakan jika rutin menjalankannya. Menjaga porsi dan asupan makan saat buka puasa merupakan kunci utama dalam meraih manfaat kesehatan dari puasa Senin Kamis.

Pastikan makanan yang dikonsumsi saat buka puasa dan sahur memiliki gizi seimbang dan didampingi konsumsi air yang cukup agar tubuh tetap kuat saat beraktivitas. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen Bio Strath saat berbuka puasa dan setelah sahur untuk menjaga daya tahan tubuh saat menjalani puasa agar badan tidak mudah lemas. Bio Strath memiliki kandungan 61 nutrisi yang dapat diserap tubuh dengan cepat dan aman dikonsumsi wanita hamil dan anak dari usia 1 tahun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya