SOLOPOS.COM - Rajamala menjadi maskot ASEAN Para Games 2022 (APG) 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 di Kota Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLOASEAN Para Games 2022 (APG) resmi memiliki logo dan maskot menjelang pelaksanaan APG pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang. APG menggunakan maskot keris dan Rajamala sebagai identitas Kota Solo.

APG sebagai acara multi-olahraga dua tahunan bakal diikuti oleh 2.309 peserta yang terdiri atas 1.648 atlet dan 661 ofisial dari 11 negara di Asia Tenggara (Brunei,  Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

11th ASEAN Para Games itu akan mempertandingkan 14 cabang olahraga yaitu blind judo, para badminton, para table tennis, para chess, para archery, para atletik, boccia, para powerlifting, para swimming, wheelchair tennis, wheelchair basketball, goalball, CP football, dan sitting volleyball.  14 cabang olahraga ini akan digelar di empat belas venue di Solo, Karanganyar, Sukoharjo, dan Semarang.

Baca Juga: Pelatnas Tim Voli Duduk, Persiapan ASEAN Para Games XI 2022 di Solo

Pengajuan diri Indonesia sebagai penyelenggara APG 2022 didahului dengan pembatalan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2019 di Filipina dan mundurnya Vietnam sebagai tuan rumah penyelenggaraan APG 2022.

Solo selama ini dikenal sebagai kota yang ramah disabiltas sebagai bagian dari konsep kota inklusif.

Dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Jumat (10/6/2022) Logo 11th ASEAN Para Games 2022 menggambarkan peranan aktif, pengharapan, dan keseimbangan serta tekad bulat untuk tumbuh dan selalu lebih baik di setiap babaknya.

Baca Juga: 4 Poin Penting Ini Disampaikan Menpora untuk ASEAN Para Games di Solo

logo apg 2022 di solo
Logo ASEAN Para Games 2022 (APG) 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 di Kota Solo. (Istimewa)

Sama seperti pohon yang terus tumbuh dan berguna menjadi harapan yang akan membawa dampak positif bagi kehidupan bahkan setelah dunia harus menghadapi pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.

Anak bangsa yang berkarya di bidang seni dan kreatif secara khusus merinci kandungan bentuk-bentuk artistik bermakna dalam logo itu. Nuansa Indonesia diwakili dalam tiga bentuk khas yaitu keris, wayang gunungan, dan aksara Jawa hanacaraka.

Selain logo yang mengusung makna Indonesia, tim kreatif 11th ASEAN Para Games 2022 juga sudah melahirkan Maskot Rajamala. Rajamala dikenal tiada tanding dan disimbolkan sebagai kekuatan untuk menolak bala atau aura negatif selain itu Rajamala juga menjadi pusaka keraton berbentuk Canthik yang melambangkan kebesaran Keraton Solo yang dimana kota penyelenggaraan APG akan digelar di Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Merah Putih Tercancam Tak Bisa Berkibar di ASEAN Para Games di Solo

Wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, selaku Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) menyampaikan Logo 11th ASEAN Para Games 2022 mampu menggambarkan kombinasi atas segala aspek yang mewakili semangat perjuangan serta kekuatan dalam mewujudkan terselenggaranya pesta olah raga Asia Tenggara untuk atlet-atlet penyandang disabilitas di tahun 2022 ini.

Keris sebagai penanda kewibawaan yang harus dihormati menjadi lambang yang tepat bagi kewibawaan para atlet peserta para games di dunia secara umum dan APG 2022 secara khusus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya