SOLOPOS.COM - Railbus saat melintasi kawasan Gladak beberapa waktu lalu. Untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan Dishubkominfo Solo telah memasang paku marka di sepanjang jalur rel di Jl Slamet Riyadi. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Railbus saat melintasi kawasan Gladak beberapa waktu lalu. Untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan Dishubkominfo Solo telah memasang paku marka di sepanjang jalur rel di Jl Slamet Riyadi. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

SOLO – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo meningkatkan pengamanan lalu lintas di jalur operasional Railbus Batara Kresna di Jl Slamet Riyadi menjelang Lebaran 2012 ini. Salah satunya dengan memasang paku marka di sisi selatan jalan yang berbatasan langsung dengan rel KA di tengah kota. Paku marka dipasang sepanjang 3 kilometer (km) hingga kawasan Pusat Grosir Solo (PGS).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Seksi (Kasi) Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishubkominfo Kota Solo, M Usman, saat dimintai informasi, Rabu (15/8/2012), menjelaskan pemasangan paku marka dilakukan petugas dalam dua hari terakhir ini. “Tadi malam sudah selesai dipasang karena sudah dimulai sejak dua hari kemarin,” terang Usman, mewakili Kepala Dishubkominfo Kota Solo, Yosca Herman Sudrajad.

Usman menjelaskan pemasangan paku marka tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di Jl Slamet Riyadi yang menjadi jalur lintas railbus dari Solo menuju Sukoharjo. Paku marka berwarna kuning emas bening itu dipasang berjajar dari barat ke timur. Untuk memberi batas tegas, pihaknya juga membuat garis marka kuning sebagai peringatan. “Paku marka ini juga sekaligus menjadi tanda peringatan bagi para pengguna jalan untuk batas jalur KA dengan jalan raya,” imbuh dia.

Pemasangan paku marka kali ini, dijelaskan Usman, merupakan tahap kedua. Sebab menurut Usman, sebelumnya, sekitar dua tahun yang lalu, pemasangan paku marka juga telah dilakukan di Jl Slamet Riyadi, yaitu dari Kleco hingga Kerten. “Termasuk pemasangan paku marka yang dipasang di rel bengkong Purwosari sudah dilakukan pada tahap pertama sekitar dua tahun yang lalu,” katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishubkominfo Kota Solo, Sri Baskoro menambahkan terkait pengamanan terhadap operasional railbus pada masa Lebaran, akan ditambah pula personel dari dinas tersebut. “Untuk pemantauan operasionalnya, personelnya akan ditambah enam orang dengan dua unit mobil patroli,” kata Baskoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya