SOLOPOS.COM - Putra sulung Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes Srinarendra (tengah), meraih medali emas dalam kejuaraan Taekwondo di Hall Terminal Tirtonadi Solo, Minggu (14/11/2021). (Instagram @gibran_rakabuming)

Solopos.com, SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memberikan ucapan selamat kepada cucu pertamanya, Jan Ethes, yang berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan taekwondo yang digelar di Sanggar Kartika Buana (SKB) Solo, Terminal Tirtonadi Solo, Minggu (14/11/2021).

Ayah Jan Ethes yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan seusai memenangi kejuaraan taekwondo itu anaknya langsung dihubungi simbahnya, Jokowi, melalui video call. “Di-video call [Jokowi], dapat ucapan selamat,” ujar Gibran saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Senin (15/11/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Video Jan Ethes Bikin Keok Lawan di Taekwondo, Netizen: Merah vs Biru!

Gibran mengakui selama ini Jan Ethes mengikuti latihan taekwondo dua kali dalam sepekan. Lokasi latihannya di sebuah SKB di kawasan Gilingan. Kejuaraan taekwondo itu, lanjut Gibran, hanya diikuti oleh tiga anak.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketertarikan Jan Ethes pada olah raga bela diri itu bermula ketika cucu Jokowi itu melihat kerumunan anak-anak latihan taekwondo di dekat lokasi lesnya. “Tempat lesnya kan di pinggir jalan, dia lihat kok banyak anak-anak [latihan taekwondo] lalu pengen [ikut latihan],” kata Gibran.

Sebelumnya, Jan Ethes sempat ikut les piano dan elektron. Namun, menurut Gibran, Jan Ethes sudah bosan sehingga memilih ikut latihan taekwondo. Sebagai orang tua, Gibran mengaku tidak pernah memaksakan keinginan seorang anak.

Baca Juga: Jan Ethes Raih Medali Emas Kejuaraan Taekwondo, Gibran: Lumayan…

“Biar anaknya aja [yang menentukan]. Kita ndak mau maksa. Kalau nanti anake gak mau atau apa, ya kita enggak maksa. Mau berangkat les ya berangkat, kalau lagi capai ya enggak usah. Kan paginya juga masih sekolah juga,” papar Gibran.

Sebelumnya diberitakan, Jan Ethes, putra Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan taekwondo yang digelar di Sangar Kartika Buana (SKB) Solo, Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (14/11/2021).

Sang ayah, Gibran Rakabuming Raka sempat mengunggah video singkat berdurasi satu menit ketika Jan Ethes berlomba di salah satu cabang olahraga itu.

Baca Juga: Keren, Jan Ethes Raih Medali Emas Kejuaraan Taekwondo

Di video yang diunggah Gibran di akun Twitter resminya, @gibran_tweet, Jan Ethes terlihat mengenakan seragam putih dengan pengaman sejenis rompi dan helm berwarna merah.

Sementara itu, lawan Jan Ethes di kejuaraan taekwondo mengenakan pengaman rompi dan helm berwarna biru.

Dalam video tersebut, tampak Jan Ethes berhasil membuat lawan jatuh berkali-kali hingga bisa meraih medali emas di kejuaraan tersebut.

“Lumayan,” tulis Gibran singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya